Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi

Ketika menyiapkan cara absen untuk karyawan, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti dengan menggunakan sistem deteksi wajah, menggunakan fingerprint, ataupun bisa masih menggunakan cara manual. Apabila masih mempunyai sedikit karyawan maka cara manual tentu saja tidak menjadi masalah. Berbeda dengan perusahaan atau kantor yang mempunyai banyak karyawan. Maka akan lebih baik apabila menggunakan mesin absen yang lebih modern seperti fingerprint. Mesin absen ini juga mempunyai keuntungan dari cara penggunaannya yang mudah. Adapun untuk cara menggunakan fingerprint untuk absensi yang dapat diperhatikan adalah:

  • Instalasi

Hal pertama yang dapat diperhatikan ketika akan menggunakan cara absensi menggunakan mesin fingerprint adalah dengan instalasi yang tepat. Anda bisa untuk memasang mesin tersebut sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari jumlahnya dan juga hal lain yang diperlukan. Selain itu juga tempatkan mesin di tempat yang tepat seperti pada hall utama sehingga memudahkan karyawan untuk absen. Perhatikan hal lainnya agar dapat untuk memudahkan instalasi mesin fingerprint yang akan bermanfaat untuk membantu absensi karyawan di kantor ini.

  • Pendaftaran sidik jari

Hal selanjutnya setelah mesin fingerprint di pasang dengan tepat adalah dengan mendaftarkan sidik jari. Karena menggunakan fingerprint, maka juga membutuhkan data sidik jari dari karyawan di perusahaan. Cara menggunakan fingerprint untuk absensi ini sangat mudah yaitu dengan mendata sidik jari semua karyawan perusahaan. Biasanya karyawan mempunyai dua sidik jari yang bisa dimaksudkan atau tergantung kebijakan. Anda juga memperhatikan mengenai pemilihan jari yang tepat, yaitu gunakan jari manis, jari telunjuk, dan jari tengah untuk pendaftaran sidik jari.

  • Verifikasi

Ketika melakukan pendaftaran juga harus dengan cara yang tepat. Selain dengan memilih jari yang tepat, cara pendaftarannya juga harus tepat. Hal tersebut penting agar proses verifikasinya juga akan lebih mudah. Cara yang dapat digunakan adalah dengan menempelkan jari yang tepat di bagian tengah bukan pada sisi kanan atau kiri. Selain itu juga tempelkan dengan rata agar mudah dideteksi. Apabila verifikasi berhasil akan muncul suara seperti “Terima kasih”. Sehingga sidik jari karyawan sudah terdaftar dan siap untuk digunakan absensi.