20 Manfaat Air Bagi Manusia Serta Untuk Kesehatan

Apakah kamu mengetahui 20 manfaat air bagi manusia? Tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air bagi maniusia pun sangat beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara rutin meminum air putih.

Pada kesempatan kali ini akan mengulas 20 manfaat air bagi manusia, pasalnya sebagian orang masih mengabaikan minum air dengan cukup, padahal tubuh membutuhkan asupan cairan agar bisa bekerja lebih maksimal.

Rajin mengonsumsi air putih juga merupakan gaya hidup sehat. Saat menjalankan aktivitas sehari-hari, manusia akan melibatkan beberapa organ penting.Mulai dari jantung, ginjal, persendian, paru-paru, hingga air liur dan lendir sangat bergantung pada air

Sebanyak 50% – 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Maka, kebutuhan akan air yang baik dan sehat sangat dibutuhkan baik untuk tubuh maupun kesehatan organ tubuh manusia.

Manfaat apa yang Anda dapatkan saat Anda minum air? Organ manusia manakah yang membutuhkan air untuk bekerja secara optimal? Hidup sehat seperti apa yang bisa Anda peroleh dari air minum? Yuk simak 20 manfaat air bagi manusia berikut ini..

Wajb Ketahui, 20 Manfaat Air Bagi Manusia

20 Manfaat Air Bagi Manusia

1. Sebagai pelumas sendi

Manfaat air bagi manusia yang pertama adalah untuk melumasi persendian. Tulang rawan, ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan menyerap syok sendi, yang menyebabkan nyeri sendi. Maka dari itu asupan air kita setiap harinya harus tercukupi.

Baca juga : Cara Membuat Saringan Air Sederhana dan Efektif

2. Membentuk air liur dan lendir

Manfaat air bagi manusia juga berfungsi sebagai bahan pembentukan air liur dan lendir. Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga kelembapan mulut, hidung, dan mata. Ini mencegah gesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga kebersihan mulut. Dikonsumsi sebagai pengganti minuman manis, ternyata juga bisa mengurangi kerusakan gigi.

3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Manfaat air selanjutnya adalah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Darah terdiri dari lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat air putih selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini.

5. Melapisi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran. Manfaat air bagi manusia sangat dibutuhkan sebagai pencegahan agar kerja otak tetap terjaga.

6. Mengatur suhu tubuh

Manfaat air putih yang tidak kalah pentingnya adalah mengatur suhu tubuh. Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh setelah berolahraga.

Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu mentolerir tekanan panas.

Memiliki banyak air dalam tubuh Anda dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi saat berolahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek ini.

7. Hilangkan Dehidrasi

Manfaat air mineral yang pertama adalah dapat menghilangkan rasa haus di tenggorokan. Biasanya jika kita kekurangan air akan mengakibatkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Oleh karena itu, mengkonsumsi air mineral yang cukup akan menghilangkan dan mencegah dehidrasi pada tubuh kita.

8. Menurunkan Berat Badan

Semua jenis air, termasuk air mineral, tidak mengandung lemak dan kalori. Ketika kita memilih untuk mengonsumsi air mineral daripada minuman bersoda atau jus manis, kita bisa menjaga jumlah kalori dalam tubuh dan tubuh akan tetap terhidrasi.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Keunggulan air mineral adalah mengandung magnesium. Magnesium memiliki efek menjaga tingkat tekanan darah normal. Oleh karena itu, bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda dapat meminum air mineral secara rutin.

10. Aliran Darah

Selain magnesium, air mineral juga mengandung kalium, sehingga bisa memperlancar aliran darah. Aliran darah biasanya terganggu akibat penyempitan pembuluh darah atau penggumpalan darah. Aliran darah yang lancar tanpa halangan akan mencegah stroke dan gagal jantung.

11. Meningkatkan Kinerja Kekuatan Otak

Manfaat air mineral untuk otak akan membantu Anda lebih mudah fokus, berpikir dan berkonsentrasi. Salah satu manfaat terpenting air adalah membantu menjaga kekuatan otak.

Otak manusia mengandung 73% air, sehingga meminum air mineral akan bermanfaat bagi otak. Sehingga jika Anda mengalami dehidrasi maka akan menurunkan fungsi otak Anda.

12.Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi mineral udara yang cukup dan teratur akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan lain dalam air mineral seperti kalium dan magnesium dapat meningkatkan fungsi jantung.

13. Pencernaan yang Sehat

Di dalam air mineral terdapat enzim yang berfungsi untuk meredakan masalah sistem pencernaan seperti kembung dan sembelit. Dan juga, air mineral dapat mengurangi racun yang dapat merusak usus. Dengan rutin mengonsumsi air mineral, sistem pencernaan di dalam tubuh Anda akan menjadi sehat.

14. Menjaga Performa Otot

Mengapa udara mineral bermanfaat untuk kinerja otot? Hal ini dikarenakan air mineral kaya akan magnesium yang dapat membantu kinerja otot, sehingga otot akan bergerak dan berkontraksi dengan baik.

Jika Anda kekurangan magnesium maka Anda akan merasakan nyeri otot dan kram. Untuk itu, kita harus mengonsumsi mineral yang terbawa udara secara rutin.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat air mineral bagi tubuh selanjutnya dapat membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh atau yang sering kita sebut dengan sistem imun.

Dengan mengkonsumsi mineral udara secara rutin maka daya tahan tubuh kita akan lebih bugar dan sehat, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, baik bakteri jahat maupun bakteri jahat.

17. Mencegah Kerusakan Ginjal

Kerusakan ginjal bukanlah hal yang sepele dan perlu kita atasi untuk mencegahnya. Karena fungsi pembantu bisa membantu di dalam tubuh. Jika kita mengalami kekurangan udara pada ginjal maka akan menyebabkan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.Membantu

19. Memperkuat Rambut

Mengembalikan kekuatan rambut bisa diatasi dengan mengonsumsi udara mineral. Karena polusi dan sinar matahari bisa membuat kualitas rambut menurun. Dengan mengonsumsi mineral udara secara rutin, rambut akan bersinar dan mengembalikan pH kulit kepala.

20. Meredakan Sakit Kepala

Salah satu tanda dehidrasi adalah sakit kepala. Saat tubuh mengalami dehidrasi, jantung akan bekerja semakin kencang sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Itulah 15 manfaat air mineral bagi tubuh yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan Anda. Sebaiknya minum air mineral minimal 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

Minum air mineral akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar. Maka dari itu biasakanlah minum air mineral. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua

Demikian artikel mengenai 20 manfaat air putih bagi manusia, sangat bermanfaat bukan? kalian harus mencukupi kebutuhan air kalian setiap hari. See you and keep healthy yaa ^^

Baca Juga : Sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Berskala Besar