4 Brand Jam Tangan Jepang Berjuluk Big Four

Di era modern ini, arloji atau jam tangan telah berkembang menjadi salah satu kebutuhan sekunder. Bagi orang-orang yang banyak melakukan kegiatan di luar rumah, penggunaan jam tangan sangat dibutuhkan untuk bisa lebih efektif dalam melakukan pekerjaan. Dengan menggunakan jam tangan, seseorang bisa menggunakan waktunya dengan lebih efisien di tengah-tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Seiring perkembangan zaman, jam tangan sendiri juga ikut berkembang menyesuaikan permintaan pelanggan. Perkembangan tersebut ditandai dengan berbagai inovasi yang disematkan ke dalam jam tangan, sehingga jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan waktu. Inovasi tersebut biasanya dilakukan dengan penambahan berbagai fitur  pada jam tangan sehingga membuat jam tangan mempunyai lebih banyak fungsi.

Berbicara mengenai inovasi, umumnya perusahaan jam tangan saat ini berlomba-lomba untuk melakukan inovasi demi menarik minat pelanggan. Berbagai inovasi dilakukan mulai dari segi desain hingga teknologi yang akan disematkan pada jam tangan yang mereka buat. Hal tersebut membuat banyak sekali pilihan jam tangan dengan berbagai fitur dan desain beragam yang tersedia di pasaran.

Diantara berbagai jam tangan yang ada di pasaran, merk jam tangan asal Jepang merupakan yang paling inovatif. Negara yang terkenal dengan beragam inovasi serta kemajuan teknologinya tersebut merupakan salah satu negara produsen jam tangan berkualitas. Ada berbagai merk jam tangan dengan kualitas terbaik yang berasal dari negeri sakura tersebut.

Dari sekian merk jam tangan dari Jepang, ada 4 brand jam tangan yang mendapat julukan Big Four, keempatnya adalah sebagai berikut:

Casio

Perusahaan elektronik Casio merupakan salah satu perusahaan elektronik terkemuka di Jepang. Didirikan pada tahun 1946, Casio diambil dari nama keluarga sang pendiri yaitu Tadao Kashio. Tahun 1974, Casio mulai mengeluarkan jam tangan pertama mereka dengan nama Casiotron yang merupakan jam tangan digital. Setelahnya Casio terus berinovasi dengan mengeluarkan berbagai seri jam tangan menarik mulai dari G-Shock, Pro-Trek, hingga Edifice. Jam tangan Casio merupakan salah satu produk yang digemari karena memiliki kualitas yang bagus dengan harga terjangkau.

Seiko

Sejarah Seiko dimulai pada tahun 1881 ketika Kintaro Hattori mendirikan toko jam dan permata di kawasan Ginza, Tokyo. Dalam waktu 11 tahun setelahnya, Kintaro Hattori mulai membuat jam tangan sendiri dengan nama Seikosha yang pada tahun 1924 berganti menjadi Seiko. Produk jam tangan Seiko sendiri memiliki kualitas yang baik dan bahkan bisa bersaing dengan berbagai jam tangan dari Swiss. Seiko memiliki berbagai macam produk jam tangan mulai dari jam tangan mekanik, jam tangan otomatis, serta jam tangan yang menggunakan baterai.

Orient

Sebelumnya, Orient adalah toko jam bernama Yoshida Watch Shop yang berdiri tahun 1901. Efek dari perekonomian Jepang yang lesu pasca perang membuat toko ini ditutup dan dibangun kembali tahun 1951 dengan nama Orient. Dikenal sebagai salah satu dari empat besar perusahaan jam tangan dari Jepang, Orient menghasilkan berbagai produk jam tangan mekanik, jam tangan quartz serta jam tangan bertenaga surya yang berkualitas.

Citizen

Salah satu big four atau empat besar jam tangan asal Jepang adalah Citizen. Produsen jam tangan asal Jepang ini didirikan oleh investor dari Jepang dan Swiss pada tahun 1930. Selama puluhan tahun, Citizen dikenal dengan terobosan yang inovatif dan disukai oleh banyak orang. Koleksi jam tangan Citizen memiliki desain dan inovasi yang terbilang futuristik. Keunggulan lainnya dari jam tangan Citizen adalah mereka memiliki inovasi yang disebut teknologi Eco Drive dan superquartz movement.