5 Cara Belajar Efektif Di Kampung Inggris

kampung inggris

Kampung Inggris dikenal sebagai destinasi wisata belajar yang kerap dikunjungi anak-anak muda dari seluruh pelosok Indonesia. Apakah kamu termasuk salah satu diantara mereka?

Kalau iya, pasti kamu pernah mengalami masa beradaptasi terhadap materi Bahasa Inggris yang ternyata sangat kompleks dan tidak mudah dicerna?!

Agar belajarmu menjadi efektif dan skill berbahasamu meningkat, berikut ini langkah-langkah yang musti kamu lakukan:

1.     Kenali Tipe Belajarmu

Tahu nggak, ternyata tipe belajar setiap orang berbeda-beda lho.  Sebelum memulai belajar, alangkah baiknya kamu mengenali tipe belajarmu terlebih dahulu.

Secara umum, ada tiga tipe belajar yakni audiovisual yang cenderung belajar dengan banyak suara. Lalu, kinestetik yang belajar dengan banyak melakukan gerakan. Terakhir ada tipe visual yang belajar dengan melihat warna atau gambar-gambar menarik.

Kamu dapat mengetahui tipe-tipe belajar ini dari laman di internet yang banyak membahas persoalan psikologi. Biasanya, kamu juga akan menemukan bagaimana memaksimalkan pola belajar tipe tertentu melalui tips-tips di laman tersebut

Mengenali tipe belajarmu akan memudahkan untuk menyerap materi yang kamu pelajari. Jadi, waktumu tidak akan banyak terbuang dan kamu juga lebih mudah paham.

2.     Pilih Program Sesuai Kemampuanmu

Setelah mengetahui tipe belajarmu, kamu juga perlu mengetahui kelemahan skill berbahasamu. Apakah itu speaking, reading, listening atau writing.

Namun bila kamu belum paham tentang letak kelemahan skill Bahasa Inggrismu, kamu bisa memulainya dari materi paling dasar. Memulai belajar dari hal yang paling mudah tentunya akan meningkatkan kemampuan dan kemauan belajarmu.

3.     Pilih Kursusan Berdasar Rekomendasi Teman

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak sekali kursusan yang bertebaran di Kampung Inggris. Dari yang sudah lama berdiri hingga yang baru saja didirikan.

Lalu kursusan seperti apa yang dianggap baik? Kursusan yang baik adalah kursusan yang mampu meningkatkan skill peserta kursusnya. Nah, kamu dapat mengetahui indikator seperti itu dari lingkaran pertemanan di Kampung Inggris.

Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk berkenalan dengan teman-teman baru ya… Lingkungan pertemanan yang heterogen dapat memberikan wawasan yang luas untukmu. Apalagi mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

4.     Berkomitmen Rajin Masuk Kelas

Setelah mengetahui jam kelas yang tidak seperti di sekolah, bukan berarti kamu bisa menghabiskan waktu dengan hanya bersenang-senang saja.

Mengingat tujuan awalmu ke Kampung Inggris adalah untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris, maka kamu harus tetap berkomitmen pada hal tersebut.

Apabila dalam satu hari terdapat tiga kelas grammar, maka kamu juga harus rajin mengikutinya. Hal ini agar materi yang kamu dapatkan tidak terpotong-potong. Bisa saja ketika kamu tidak masuk, tutor di kelas sedang memberikan materi utama dari keseluruhan materi yang harus disampaikan. Sangat rugi kan bila kamu tidak masuk pada hari itu?

Mengikuti keseluruhan kelas juga akan memudahkan dirimu menghadapi ujian akhir yang biasanya diselenggarakan di akhir periode. Jadi, jangan bolos-bolos lagi ya…

5.     Menjaga Kesehatan

Kesehatan itu super penting gaes! Apalagi ketika kamu hidup berjauhan dengan kedua orang tuamu. Ditambah jam belajar di Kampung Inggris yang juga padat. Tentu kamu akan ketinggalan materi apabila tidak masuk kelas.

Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai menjaga kesehatan. Dimulai dari makan tepat waktu dan rajin berolahraga. Meskipun ada banyak tugas pelajaran yang menantimu, tetap jangan lupa untuk makan.

Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin dan serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan melulu mie instan ya…

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika sedang belajar di Kampung Inggris. Ternyata untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, kamu harus mengusahakan dari berbagai aspek kehidupan ya…