5 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Indonesia Dan Gajinya

Bahasa dan Sastra Indonesia jadi keliru satu program belajar yang ada di Fakultas Ilmu Budaya. Prodi ini mempelajari bahasa Indonesia secara lebih mendalam dan juga karya sastra berasal dari penulis ternama di Indonesia. Kalau Kamu bahagia membaca dan menulis, prodi ini sanggup jadi prodi yang pas untuk Kamu.

Bagaimana bersama dengan prospek kerjanya? Bagi Kamu yang tertarik bersama dengan ilmu sastra Indonesia, berikut ini ada 10 kesempatan atau prospek kerja sastra Indonesia bersama dengan perkiraan gajinya.

  1. Penerjemah Bahasa

Peluang atau prospek kerja sastra Indonesia selanjutnya adalah sebagai penerjemah bahasa. Namun untuk sanggup jadi penerjemah, Kamu kudu punya kebolehan menguasai bahasa asing. Untungnya, bahasa asing sanggup Kamu pelajari secara otodidak ataupun bersama dengan ikuti kursus bahasa asing tertentu.

Penghitungan gaji penerjemah ada yang didasarkan terhadap tiap tiap halaman, ada juga yang didasarkan terhadap tiap tiap project yang dia kerjakan. Penghasilannya terasa berasal dari Rp10.000 per halaman.

  1. 2. Jurnalis

Peluang kerja selanjutnya yang juga sanggup Kamu jalankan sebagai seorang lulusan sastra Indonesia adalah jadi seorang jurnalis. Kamu sanggup melamar kerja di perusahaan sarana cetak, elektronik, ataupun sarana online. Untuk sanggup jadi jurnalis, Kamu kudu punya kebolehan yang bagus dalam menulis berita.

Gaji seorang jurnalis tidak sanggup dibilang tinggi. Meskipun demikian, nominalnya telah memadai untuk mencukupi kebutuhan Kamu sehari-hari. Adapun perkiraan gaji berasal dari profesi ini adalah kira-kira Rp3.000.000 hingga bersama dengan Rp5.000.000 per bulan.

  1. 3 Dosen Bahasa Indonesia

Sebagai lulusan Sastra Indonesia, prospek kerja Sastra Indonesia selanjutnya adalah sebagai dosen bahasa Indonesia. Jika Kamu memilih berkarir sebagai dosen, Kamu kudu melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Gelar sarjana saja belum cukup, setidaknya Kamu kudu mendapat gelar master atau S2.

Adapun gaji profesi dosen yaitu kira-kira Rp4.000.000 hingga Rp5.000.000 belum juga tunjangan lainnya.

  1. 4. Penulis Script Film

Peluang kerja selanjutnya yang sanggup Kamu jalankan adalah sebagai penulis script film. Selama kuliah, Kamu mendapat materi penulisan naskah drama atau type pementasan lainnya. Kalau Kamu terasa punya kebolehan yang bagus dalam hal ini, Kamu sanggup berkarir sebagai penulis naskah film atau naskah sinetron.

Profesi ini tidak cuma seru, tetapi juga punya gaji yang lumayan. Kamu sanggup mendapatkan gaji hingga Rp20.000.000 per bulan. Untuk naskah sinetron, Kamu sanggup dibayar per naskah yang Kamu hasilkan.

  1. 5 Pengusaha Percetakan

Bagi Kamu yang lulusan sastra Indonesia tetapi punya passion bersama dengan bisnis, maka Kamu sanggup menekuni pekerjaan sebagai pebisnis percetakan. Dalam menggerakkan bisnis ini, Kamu juga sanggup tawarkan jasa editor sebelum saat dicetak.

Sebagai pemilik usaha, penghasilan yang sanggup Kamu menerima berasal dari profesi ini sanggup mencapai puluhan juta rupiah. Jika Kamu cuma berstatus sebagai staf, gaji yang Kamu dapatkan kira-kira Rp3.500.000 per bulan.