9 Kunci Dasar Ukulele yang Harus Kamu Kenali

Belajar mainkan alat musik memang seharusnya diawali dengan ketahui kunci dasarnya dahulu. Begitupun dengan main ukulele. Kamu harus ketahui kunci dasarnya dahulu sebelumnya terakhir dapat mainkan sebuah lagu dengannya. Untuk kamu yang bisa main gitar, membunyikan kunci-kunci dasar ukulele kemungkinan sedikit akan gampang. Walau bagaimanapun, ada beberapa ketidaksamaan kunci dasar gitar dan ukulele.

9 Kunci Dasar Ukulele yang Harus Kamu Kenali

KUNCI DASAR

ILUSTRASI

LETAK JARI

C Mayor

Telunjuk: Senar 1 Fret III

G Mayor

Telunjuk: Senar 3 Fret II

tengah: Senar 1 Fret II

Manis: Senar 2 Fret III

F Mayor

Telunjuk: Senar 2 Fret I

tengah: Senar 4 Fret II

A Minor

tengah: Senar 4 Fret II

E Minor

Telunjuk: Senar 1 Fret II

tengah: Senar 2 Fret III

Manis: Senar 3 Fret IV

D Minor

Telunjuk: Senar 2 Fret I

tengah: Senar 3 Fret II

Manis: Senar 4 Fret II

A Mayor

Telunjuk: Senar 3 Fret I

tengah: Senar 4 Fret II

D Mayor

Telunjuk: Senar 2 Fret II

tengah: Senar 3 Fret II

Manis: Senar 4 Fret II

E Mayor

Telunjuk: Senar 1 Fret II

tengah: Senar 2 Fret IV

Manis: Senar 3 Fret IV

Kelingking: Senar 4 Fret IV

Sama seperti dengan gitar, ukulele harus juga distem (tuning) agar dapat hasilkan suara yang baik. Karena itu, kamu harus tahu langkah stem ukulele dengan memutar tuner di bagias ujung tiap senar. Berikut langkah tuning ukulele yang gampang.

Suara dasar sebuah ukulele ialah G-C-E-A . Maka, kamu tinggal menyesuikan semua senarnya dengan suara dasar itu.

Telah banyak program tuner ukulele di Android dan iOS yang dapat kamu unduh secara gratis. Kamu tinggal sesuaikan suaranya sekalian menuai salah satunya senarnya. Selainnya program, kamu bisa juga memakai tuner manual yang dapat kamu beli ke bawah sini!

Untuk memperoleh suara yang pas, kamu harus memutar tuner ukulele dikit demi sedikit. Karena sedikit saja kamu putar, suara yang dibuat akan berlainan juga.

Untuk pastikan suaranya telah betul, permainkan kunci ukulele. Sebaiknya kamu kerjakan pengujian satu kali lagi dengan tunner. Apabila sudah pas, baru kamu permainkan sebuah lagu.

Kunci C mayor dapat disebut kunci ukulele paling mudah yang dapat kamu permainkan. Kunci C pada tuning ukulele standard (tuning G-C-E-A) cuman hanya tekan senar 1 di fret ke-3 .

Status kunci G mayor pada ukulele memiliki bentuk sama dengan kamu mainkan kunci D mayor pada gitar. Jemari telunjuk berada di senar 3 fret ke-2 , jemari sedang di senar 1 fret ke-2 , dan jemari manis tekan senar 2 fret ke-3 .

Salah satunya kunci yang gampang dimainkan ialah Kunci F Mayor. Kamu cuman perlu dua jemari yang tekan senar 2 fret pertama dan satu jemari yang lain tekan senar 4 fret ke-2 .

Kunci dasar ukulele yang lain yang cuman memerlukan satu jemari untuk memainkan. Kamu dapat memperoleh kunci A minor cukup dengan tekan senar 4 pada fret ke-2 .

Saat kunci E minor pada gitar termasuk lumayan gampang, kunci E minor pada ukulele justru memerlukan tiga jemari untuk memainkan. Kamu perlu satu jemari tekan senar 1 fret ke-2 , satu jemari yang lain tekan senar 2 fret ke-3 , dan jemari paling akhir tekan senar 3 fret ke-4.

Kunci-kunci minor pada ukulele termasuk memerlukan banyak jemari untuk memainkan. Satu diantaranya kunci D minor. Kunci D minor ukulele sama dengan wujud kunci A minor pada gitar. Kamu tinggal tempatkan jemari telunjuk di senar 2 fret pertama, jemari tengah di senar 4 fret ke-2 , dan jemari manis di senar 3 fret ke-3 .

Untuk mainkan kunci A mayor pada ukulele, kamu harus tekan senar 3 fret pertama dengan jemari telunjuk dan tekan senar 4 fret ke-2 dengan jemari tengah. Genjreng semua senar ukulele kamu dan kamu akan memperoleh suara kunci A mayor.

Simak juga: Harga 5 Type Ukulele yang Dapat Kamu Tentukan untuk Mendukung Jiwa Bermusik

Kamu yang bisa mainkan gitar akan mengetahui jika wujud kunci D mayor ini ibarat mainkan kunci A mayor pada gitar. Kamu harus tekan senar 4, 3, dan 2 pada fret ke-2 dengan tidak jemari.

Dapat disebut, kunci E mayor pada ukulele termasuk cukuplah susah karena mnggunakan empat jemari kamu. Pertama, kamu harus tekan senar 1 fret ke-2 . Lantas, tiga jemari (tengah, manis, dan kelingking) tekan tiga senar yang lain pada fret ke-4. Tidak susah kan?

Tidak susah tidak untuk mainkan kunci-kunci dasar ukulele? Nach, saat ini teruskan pelajari ukulele sampai mengusai.

baca juga tips memilih senar gitar
kunjungi juga Chord Indonesia