Mengenal Beberapa Contoh Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Alat kesehatan dan fungsinya – Alat kesehatan merupakan komponen penting untuk penunjang proses pelayanan kesehatan di rumah sakit dan di instansi pelayanan kesehatan lainnya. Peranan alat ini sebagaimana dijelaskan dalam definisi alat kesehatan yaitu sebagai pencegah, pendiagnosa, penyembuh, membantu proses penyembuhan, mempercepat, meringankan dan juga memperbaiki jaringan.

alat kesehatan dan fungsinya

Oleh sebab itu, alat – alat medis menjadi syarat operasional yang harus dipenuhi oleh rumah sakit ataupun instansi medis yang akan menjalankan pelayanannya tersebut. Berbicara tentang alat kesehatan, coba sebutkan alat – alat kesehatan di rumah sakit yang anda ketahui ? Tentunya ada banyak sekali, untuk membantu anda, berikut ini kami sajikan sedikit contoh alat kesehatan dan fungsinya untuk anda.

Contoh Alat Kesehatan Dan Fungsinya

# Infus Set

Infus set adalah alat infus yang digunakan untuk memberikan infus kepada pasien yang dirawat di rumah sakit. Terdiri dari selang infus, jarum infus, di bagian selang infus terdapat alat pengatur tetesan yang dapat diseting untuk menentukan jumlah tetesannya.

# Alat Suntik (syringe)

Kalau alat yang satu ini, saya yakin anda semua sudah mengetahuinya. Alat ini banyak ditakuti oleh anak – anak ketika akan mendapatkan imunisasi. Ya, alat ini berfungsi untuk memasukkan cairan obat atau sejenisnya ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah.

# Pasien Monitor

Jika anda pernah berkunjung ke ruang icu, mungkin anda akan melihat alat ini. Alat ini berbentuk seperti monitor dengan layar rata – rata 10 hingga 11 inch. Dalam monitor kita bisa melihat beberapa angka – angka dan gambar grafik. Fungsi alat ini adalah untuk memantau kondisi kesehatan pasien secara langsung.

# Chemistry Analyzer

Pernahkah anda melakukan cek darah ? Seperti kolesterol, gula darah atau beberapa jenis enzim lainnya ? Untuk dapat melakukan itu semua, dibutuhkan sebuah alat canggih yaitu chemistry analyzer atau alat analisa kimia darah. Alat ini biasanya digunakan di dalam laboratorium di sebuah rumah sakit.

# Tensimeter

Setiap kali kita memeriksakan kesehatan kita ke rumah sakit, entah itu sakit atau hanya periksa kesehatan saja, pasti alat ini digunakan. Tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.

Masih ada banyak lagi alat – alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan klinik yang tidak bisa kita sebutkan satu – persatu. Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai hal ini, anda bisa langsung baca dari sumbernya : https://www.gloryamedica.com/alat-kesehatan-dan-fungsinya/