Aneka Jajan Pasar Kukus yang Masih Eksis Saat Ini

Banyaknya aneka jajan pasar kukus yang memiliki berbagai macam rasa dan tentunya enak serta lezat. Kue tersebut sangat digemari oleh banyak orang. Mungkin karena jajanan pasar terkenal dengan bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Cara membuat kue-kue tersebut juga cukup mudah. Sehingga jika kamu ingin membuatnya sendiri juga pasti akan bisa. Mari simak beberapa aneka jajan pasar kukus yang masih eksis saat ini.

1. Pertama Ada Kue Lapis dari Aneka Jajan Pasar Kukus

Aneka Jajan Pasar Kukus

Pilihan pertama dari aneka jajan pasar kukus adalah kue lapis tepung beras. Kue tradisional ini termasuk makanan khas Indonesia. Lapis memiliki dua warna yang berlapis-lapis. Dari hal tersebutlah yang menjadikan nama untuk kue ini. Terbuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan alami.

Cara memasak jajanan pasar satu ini yaitu dikukus pada setiap lapisannya. Setiap lapisnya memiliki warna yang berbeda, dan tentunya warna yang digunakan adlaah pewarna makanan alami. Warna yang biasanya digunakan adalah warna hijau dan warna merah. Untuk warna hijau berasal dari daun pandan, sedangkan warna merah berasal dari bunga mawar. Tampilan yang berlapi-lapis menjadi ciri khas kue kapis yang snagat unik.

2. Selanjutnya ada Kue Putu Ayu

Aneka Jajan Pasar Kukus

Putu ayu adalah salah satu jajanan tradisional khas Indonesia, kue jajanan pasar tradisional ini biasanya ada taburan kelapa parut diatasnya. Jika biasanya kue putu ayu menggunakan pandan sebagai perasanya, kamu bisa mengkreasikannya dengan menggunakan sinkong. Bahan utama yang kamu gunakan untuk membuat kue ptuu ayu singkong ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau warung sayur terdekat. Untuk cara pembuatan kue putu ayu ini juga sangat mudah.

Jajanan pasar tardisional satu ini sudah jarang ditemukan di pasaran, padahal kue putu ayu ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kue putu ayu memiliki rasa yang manis dan gurih yang berasal dari parutan kelapa. Bentuk dari jajanan pasar satu ini berbentuk bundar dengan ukuran yang kecil-kecil. Nah jika kamu membuatnya sendiri, kamu bisa mengkreasikan bentuk, rasa dan juga warnanya. Tetapi ingat, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang alami dan tidak mengandung bahan kimia. Supaya terjamin keamanannya bagi kesehatan untuk para penikmat kue putu ayu. Makanan tradisional ini bisa kamu jadikan hantaran untuk saudara atau teman dekat.

3. Kue Bolu Kukus

Aneka Jajan Pasar Kukus

Bolu kukus gula merah juga merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia yang masih digemari masyarakat hingga saat ini. Jajanan pasar tradisional ini juga cocok dijadikan kudapan pada sore hari sebagai teman minum teh atau kopi. Kue bolu kukus gula merah ini bisa kamu beli di kios jajanan pasar, atau bisa juga kamu membuatnya sendiri dirumah. Cara membuat kue ini cukup mudah dan sederhana.

Untuk memasak kue bolu kukus gula merah ini kamu juga tidak membutuhkan oven, jadi bisa mempermudah saat prose pembuatannya. Bahkan kamu juga bisa membuat bolu kukus tanpa menggunakan mikser. Jenis gula merah yang digunakan untuk proses pembuatan bolu kukus ini adalah gula palem. Gula palem dapat membuat bolu kukus gula merah buatanmu lebih beraroma.

4. Nagasari

Aneka jajan pasar kukus berikutnya yaitu Nagasari. Nagasari adalah jenis kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan. Kue nagasari memiliki isian, biasanya isian tersebut berupa potongan pisang. Jajanan pasar ini juga menggunakan daun kelapa dan biasanya dibentuk menjadi segitiga, itulah yang menjadi ciri khas kue nagasari. Namun jika kamu tidak mempunyai daun pisang, kamu bisa menggunakan loyang untuk cetakannya.

5. Terakhir ada Talam Pisang yang Menjadi Pilihan Aneka Jajan Pasar Kukus

Untuk rasa dari kue talam pisang ini tidak pelu diragukan lagi, namun ada informasi baik nih. Kue talam pisang ternyata juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan loh. Hasil buatan sendiri bisa kamu kreasikan menjadi berbagai bentuk yang cantik dan rasanya juga pastikan enak ya. Jadi, kamu bisa menjadikan kue talam pisang ini sebagai hidangan tamu atau ide jualanmu.

Jajanan pasar ini juga merupakan salah satu jajanan tradisional yang bisa dengan mudah kamu temukan di banyak tempat. Khususnya pasar tradisional dan warung jajanan pasar, karena kue talam pisang ini banyak disukai oleh masyarakat. Cara membuatnya juga mudah dan sederhana, bagi kamu yang pemula pun pasti bisa membuatnya. Rasanya talam pisang ini manis dan legit, sehingga cocok dijadikan sebagai teman ngopi di sore hari. Kamu bisa menggunakan daun pisang sebagai cetakan kue ini serta juga bisa penambah aroma lebih wangi.

Pada kesempatan kali ini adalah pembahasan mengenai aneka jajan pasar kukus. Selain itu juga, beberapa makanan diatas juga merupakan aneka jajanan pasar yang mudah dibuat. Semuanya dikukus, jadi bagi kamu yang tidak memiliki oven jangan khawatir ya.