Apakah Minum Matcha Green Tea Sehat?

Matcha adalah hal yang populer sekarang. Latte, minuman, teh, dan makanan penutup dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari kedai kopi hingga toko kesehatan.

Tapi bubuk teh hijau ini sudah ada selama berabad-abad. Mempersiapkan dan menyajikan matcha telah menjadi bagian dari upacara minum lemon tea tradisional Jepang selama lebih dari 1.000 tahun.

Prajurit samurai minum teh sebelum pergi berperang untuk menuai sifat energinya. Dan para biksu Zen meminumnya untuk dapat bermeditasi sambil tetap waspada.

Matcha adalah jenis teh hijau. Teh hijau dibuat dengan seduhan daun dalam air panas. Lalu Anda melemparkan mereka sebelum Anda minum sedikit. Tetapi dengan matcha, Anda minum daun yang sebenarnya.

Untuk membuat matcha, daun teh hijau kering ditumbuk menjadi bubuk super halus. Bubuk itu dikocok dengan air hangat untuk membuat teh matcha yang ringan dan lembut. Karena Anda meminum seluruh daun tanaman teh, Anda mendapatkan campuran antioksidan dan nutrisi yang lebih kuat daripada yang Anda lakukan dengan teh hijau yang disiapkan secara tradisional.

Jadi, apa masalahnya dengan teh trendi namun mahal ini dengan rasa bersahaja dan berumput yang sangat diinginkan? Pelajari lebih lanjut dan putuskan apakah Anda ingin melompat pada kereta musik matcha magis.

Matcha dapat bermanfaat bagi gula darah Anda. Selama Anda menikmati versi yang tidak manis, Anda siap melakukannya. (Jika Anda terbiasa menggunakan pemanis dan krim dengan kopi Anda, Anda mungkin ingin menambahkan bumbu, meskipun sebenarnya tidak perlu dimaniskan.)

Namun, ketika matcha ada dalam jus, yogurt beku, es krim, saus pasta, makanan penutup dan saus salad, itu bisa mengandung banyak gula, serta bahan-bahan yang mengandung lemak yang dapat meningkatkan gula darah Anda. Periksa bahan pada label.

Matcha dapat membantu Anda tetap terjaga dan meningkatkan energi Anda. Matcha mengandung zat alami yang disebut 1-theanine, yang memicu rasa waspada.

Dibandingkan dengungan kafein dari kopi, Anda mendapatkan lebih banyak sensasi tenang-waspada. Jadi, Anda memiliki perasaan rileks daripada mengantuk. Cari versi bebas kafein jika Anda ingin meminumnya sebelum tidur.

Perhatikan juga bahwa semakin tinggi harganya, semakin tinggi kualitasnya. Jadi, teh yang lebih murah mungkin dicampur dengan matcha dan memiliki lebih sedikit kafein. Matcha kualitas terbaik adalah hijau terang – semakin hijau matcha, semakin baik.