Beberapa Jenis Aspal yang Harus Anda Ketahui

pengaspalan jalan

Di setiap daerah, pastinya kalian pernah melihat jalan rusak. Hal tersebut yang kemudian membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman dalam berkendara. Sebab, terkadang jalan rusak menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Namun jangan lebih dahulu menyimpulkan bahwa jalan rusak disebabkan oleh pekerja. Melainkan lebih baiknya agar mencari tahu terlebih dahulu tata cara pengaspalan dan jenis aspal yang digunakan dalam merekatkan jalan dengan permukaan tanah.

Di bawah ini akan diulas mengenai jenis aspal yang menggunakan beberapa campuran. Aspal dari beberapa jenis di bawah akan sesuai dengan kebutuhan jalan.

Berikut Jenis-Jenis Aspal yang Wajib Diketahui :

1. Prime coat

Aspal prime coat adalah sebuah lapisan ikat aspal cair. Aspal ini diletakkan pada atas pondasi agregat kelas A. Kemudian dengan lapis resap dari aspal ini adalah penetrasi 80/100 atau penetrasi 60/70 dan dicairkan minyak bumi. Lalu volume yang digunakan pada aspal ini antara 0,4 hingga dengan 1,3 liter/m2.

Aspal prime coat ini mempunyai fungsi dalam memberikan daya ikat antara aspal hotmix dengan lapis pondasi agregat. Tidak hanya itu saja, melainkan juga bisa mencegah lepasnya dari butiran lapis pondasi ketika dilewati kendaraan. Sedangkan dengan harga aspal primer coat ini adalah Rp 13.000 per liter.

2. Tack coat

Aspal tack coat merupakan sebuah lapisan perekat yang berasal dari aspal cair. Aspal ini diletakkan di atas lapisan atau lapis beton. Kemudian bahan dari aspal ini adalah emulsi, sehingga bisa cepat menyerap. Kemudian pemaiannya, berkisar antara 0,15 hingga 0,50/m2 lebih tipis jika dibandingkan dengan volume prime coat. Harga aspal tack coat sendiri lebih murah dibandingkan prime coat, yakni Rp 10.000 per liter.

3. Wearing Coarse

Aspal warning coarse biasa dikenal dengan Laston. Aspal ini menjadi lapisan yang terletak paling atas atau lapisan perkerasan jalan. Aspal jenis ini mempunyai ketebalan hingga 4 centimeter. Selain itu, aspal ini memiliki fungsi sebagai lapisan aus yang bisa menambah daya tahan perkerasaan terhadap penurunan mutu. Aspal ini memiliki harga sekitar Rp 1.050.000 per drum.

4. Hot Roller Sheet

Aspal hot roller sheet lebih dikenal dengan HRS, atau biasa disebut dengan Lataston (lapisan tipis aspal beton). Penggunaan aspal ini sebagai lapis permukaan kontruksi jalan dengan lalu intas sedang. Sehingga ketebalan dari aspal ini minimal 3 centi meter. Harga aspal jenis ini adalah sekitar Rp 1.130.000 per drum.

5. Fine Grade

Aspal Fine Grade ini sering dijumpai dengan singkatan FG. Aspal ini merupakan jenis aspal hotmix yang digunakan pada perumahan dengan beban rendah. Sehingga, minimal ketebalannya adalah 3 cm.

6.Shand Sheet

Sama halnya dengan aspal FG, aspal ini digunakan  untuk perumahan dan parkiran. Ketebalan pada aspal ini biasanya adalah 2,8 centimeter.

Demikian tadi artikel tentang jenis-jenis aspal yang sering kita jumpai. Untuk informasi lebih lengkap tentang ketahanan dan harga aspal anda dapat mengunjungi jasa pengaspalan Jakarta.