Beriklan di Google Ads Terkena PPN Mulai 1 Oktober 2019

Google Ads
Iklan Google Ads

Beriklan di Google Ads Terkena PPN Mulai 1 Oktober 2019


Social-blend.com/ -PT Google Indonesia mulai kenakan Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) sebesar 10 % untuk service Google Ads – PT Google Indonesia mulai kenakan Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) sebesar 10 % untuk service Google Ads pada 1 Oktober 2019.

P engenaan PPN atas service Google Ads ini ialah resiko dalam penuhi ketetapan perpajakan di Indonesia. Kelak, Google Indonesia akan memberi faktur pajak pada beberapa pemakai Google Ads. “Untuk konsumen setia dengan status pemungut PPN, Anda diwajibkan memberi bukti surat setoran pajak asli serta di tandatangani pada Google,” ucap Google dalam situs resminya, Jumat (30/08/2019).

Simak juga: Jasa Iklan Google Ads

Beberapa waktu paling akhir ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani terus berusaha mengoptimalkan penerimaan pajak dari perusahaan multinasional, khususnya di bidang digital seperti Facebook, Google, dan sebagainya.

Langkah-langkah yang sudah dikerjakan Kemenkeu salah satunya penerbitan Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) No. 35/PMK.03/2019 mengenai Penetapan Bentuk Usaha Masih (BUT) yang di tandatangani pada 1 April 2019. Pemerintah mengalkulasi keharusan pajak berdasar volume pekerjaan usaha di Indonesia, bukan berdasar bentukan perusahaan masih (BUT).

Dengan prinsip itu, otoritas pajak dapat menaksir jumlahnya pajak dengan basis data yang kuat serta dapat dipertanggungjawabkan.