Canon Powershot G9 X – Kualitas Gambar Mengesankan

Canon Powershot G9 X – Kualitas Gambar Mengesankan

Akumoment – Di luar desainnya yang sederhana dan bodinya yang terbuat dari bahan plastik, Canon tetap membenamkan feature-feature unggulan untuk menjamin kamera G-series terbaru tersebut mampu menghasikan gambar dengan kualitas yang tinggi. Salah satu feature kunci yang ditanam adalah sensor CMOS 1 inci yang menjadi standar baru di jajaran kamera compact prosumer. Dengan sensor yang terbilang cukup besar tersebut, saat diuji di lapangan PowerShot G9 X terbukti mampu menghasilkan gambar dengan kualitas mengesankan.

Saat redaksi CFVd mencoba menggunakannya di kondisi minim cahaya dengan ISO 2500, foto yang dihasilkan masih memiliki tingkat noise yang terbilang rendah. Foto memiliki tingkat ketajaman yang cukup baik dan masih layak untuk digunakan. Di ISO 1600, noise yang muncul juga terbilang minim. Kombinasi hebat sensor CMOS 1 inci dengan prosesor generasi Digic 6 milik Canon makin terasa saat kita mengamati karakter dynamic rangenya. Saat CVFd mengujinya di situasi berkontras tinggi, foto yang dihasilkan menunjukkan cakupan dynamic range yang luas. Contohnya, foto yang diambil di sekitar Pasar Kebayoran Lama di samping ini.

Walaupun foto diambil sekitar jam dua siang, di bawah terik matahari, kamera kecil tersebut masih bisa merekam detail di area highlight dan shadow dengan baik. Selain dynamic range luas, foto yang dihasilkan mampu menghasilkan gambar dengan karakter warna natural. Untuk bodinya yang kecil, Canon memasang lensa dengan focal length 28-84 mm di PowerShot G9X. Lensa tersebut memiliki kecepatan relatif f2.0-4.9. Dalam praktiknya, di focal length paling lebar G9 X mampu menghasilkan gambar yang tajam. Karena sensornya cukup besar, di focal length terlebar, efek bokeh di f2.0 masih cukup mengesankan.

Di focal length terpanjang, ketajaman gambar sedikit mengalami penurunan. Lebih jauh soal lensa, sedikit problem yang masih muncul di G9 X adalah distorsi barrel di focal length paling lebar. Karena itu, Anda perlu melakukan sedikit perbaikan gambar saat memotret objek dengan karakter garis yang dominan. Yang menghibur, untuk ukuran kamera kecil yang mudah dibawa ke mana-mana, kecepatan PowerShot G9 X bisa diandalkan. Autofokusnya bisa bekerja dengan cepat dan akurat. Termasuk saat kamera tersebut digunakan di kondisi cahaya yang minim. Sekali lagi, feature touchscreen sangat bermanfaat kalau kita ingin lebih akurat menentukan titik fokus aktifnya.