Cara Memasak Beras Merah di Magic Com

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara memasak beras merah di magic com. Caranya sangatlah mudah dan tentunya dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Simak artikel berikut ini untuk informasi lebih jelasnya!

Nutrisi Beras Merah

Salah satu dari sekian banyak nutrisi dalam beras merah adalah serat. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam penurunan berat badan. Selain itu, seporsi nasi merah (sekitar 200 gram) juga mengandung sekitar 230-250 kalori dan berbagai nutrisi, seperti:

  • 45-50 gram karbohidrat
  • 3-3,5 gram serat
  • 5 gram protein
  • 1,6-2 gram lemak
  • 80 miligram potasium
  • 80 miligram magnesium
  • 2 miligram natrium
  • 1,1 miligram zat besi

Beras merah juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B, seng, mangan, kalsium dan fosfor. Sama seperti nasi putih, beras merah juga termasuk dalam kelompok produk gandum utuh yang bebas gluten dan karenanya aman untuk penderita penyakit celiac atau orang dengan alergi gluten.

Cara Memasak

Berikut 6 langkah mudah memasak nasi merah dengan rice cooker agar nasi merah pulen dan enak:

1. Cuci beras merah

Tambahkan 1 cangkir beras merah ke dalam panci. Selanjutnya adalah bersih. Setelah itu, cukup berkumur dua kali agar nilai gizinya tidak hilang.

2. Tambahkan 3 gelas air

Setelah air bilasan habis, ganti dengan 3 gelas air tawar.

3. Rendam

Tekstur beras merah yang jauh lebih keras dari beras putih perlu diakali agar menjadi beras merah yang empuk dan lembut.

Salah satu tips memasak nasi merah agar nasi merah pulen adalah dengan merendamnya minimal 30 menit sebelum dimasak di rice cooker.

4. Tambahkan garam

tambahkan sedikit garam sesuai selera
Banyak orang ragu untuk mengkonsumsi nasi merah (brown rice) karena rasanya yang hambar dan tidak enak. Rasa netral karena kandungan bekatul pada beras merah lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Untuk menyiasatinya, tambahkan satu sendok teh garam untuk rasa hangat saat Anda ingin memulai proses perendaman.

Ada juga orang pada tahap ini yang menambahkan nasi putih, yang sudah dibersihkan jauh lebih cepat daripada nasi merah. Metode ini dapat membantu menghasilkan beras merah yang lebih pulen dan tidak membosankan.

5. Masak di rice cooker

Masukkan panci ke dalam rice cooker dan atur ke “mendidih”. Dengan rice cooker dengan teknologi memasak all-in-one, Anda dapat memilih fungsi yang tepat.

Sementara nasi putih biasa dimasak dalam 30 menit, nasi merah membutuhkan waktu lebih lama. Nasi merah dimasak setidaknya selama 45-60 menit.

6. Biarkan tertutup setidaknya selama 10 menit

Biarkan penanak nasi tertutup setidaknya selama 10 menit

7. Nasi Siap Dihidangkan

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang cukup beragam, ada beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Kendalikan berat badan

Beras merah mengandung lebih banyak serat, protein, dan karbohidrat kompleks dibandingkan nasi putih. Karena itu, makan nasi merah bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi beras merah memiliki berat badan yang lebih terkontrol.

Efek ini membuat beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Selain kandungan seratnya yang tinggi, beras merah juga mengandung antioksidan, potasium, magnesium, dan lignan.

Kandungan beras merah terbukti dapat mencegah penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam darah, mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

Efek tersebut membuat beras merah baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Periksa kadar gula darah

Nasi putih tergolong makanan dengan indeks glikemik tinggi. Artinya makan nasi putih bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Gula darah yang tinggi dan tidak terkendali dari waktu ke waktu dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang lebih rendah seperti beras merah. Jika indeks glikemik rendah, beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Pencernaan lancar

Beras merah kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini bisa menjaga bakteri baik di usus dan memperlancar pencernaan. Beras merah bahkan baik dikonsumsi untuk mencegah atau mengobati sembelit.

5. Mengurangi risiko kanker


Beras merah kaya akan antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Hal ini membuat beras merah bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker seperti kanker usus besar. Untuk memaksimalkan berbagai manfaat beras merah Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat seperti makan lebih banyak buah dan sayuran, berhenti merokok, dan berolahraga secara teratur.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat beras merah dan jumlah yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sekian artikel cara memasak beras merah di magic com, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!