Cara Membersihkan Endapan Kapur pada Teko Elektrik

cara membersihkan endapan kapur pada teko elektrik

Endapan kapur adalah kotoran yang sering kita temukan pada bagian dasar panci air, namun hal ini juga dapat terjadi pada teko elektrik Anda. Karena penyebab sebenarnya terbentuknya endapan kapur ini adalah seringnya peralatan dapur Anda bersentuhan dengan air.

Hal ini dapat diatasi dengan selalu membersihkannya dengan menggunakan sabun pencuci piring setiap selesai digunakan, jika tidak kemungkinan endapan kapur ini akan semakin sulit untuk dibersihkan. Namun, untuk membersihkan endapan kapur yang sudah membandel pada teko elektrik ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Berikut Cara Menghilangkan Endapan Kapur Membandel pada Teko Elektrik Anda

  1. Sebelum Anda memulai proses pembersihan pastikan Anda sudah mencabut kabel yang terhubung ke listrik, hal ini dapat menjaga Anda agar tetap aman dalam proses pembersihan.
  2. Selanjutnya, buat cairan pembersih yang terdiri dari campuran air dan cuka. Lalu masukkan ke dalam teko elektrik Anda hingga seluruh bagian yang berkerak terendam.
  3. Lalu lap hingga kering bagian luar teko elektrik sampai tidak ada bagian yang basah, tancapkan kabel ke aliran listrik dan nyalakan hingga cairan di dalamnya mendidih.
  4. Setelah proses itu, diamkan semalaman agar seluruhnya meresap.
  5. Pada esok harinya, buang cairan yang ada di dalam panci lalu bilas hingga bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa.

Langkah di atas dapat Anda lakukan sendiri tanpa membutuhkan banyak biaya pengeluaran. Jika dirasa cara di atas kurang membantu Anda dapat menghubungi toko mesin merek Anda untuk dibantu dalam proses pembersihannya yang lebih terjamin.