Cara Membersihkan Furniture dari Bahan Dasar Kayu

Cara Membersihkan Furniture dari Bahan Dasar kayu | Dalam memilih furnitur, kebanyakan orang memilih furnitur berbahan dasar kayu. Namun dalam hal perawatan furnitur plastik lebih mudah daripada furnitur berbahan dasar kayu.

Jika Anda tidak merawat mebel jati yang Anda miliki, kemungkinan besar furniture Anda akan terkena jamur, retak, dan dimakan rayap. Bagi Anda yang tidak tahu cara perawatan yang tepat, berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara merawat furniture bahan dasar kayu yang benar.

Tempatkan di Tempat Suhu Normal atau Kering

Paparan suhu panas terus menerus bisa membuat kayu kering atau menyusut. Ini dapat menyebabkan retakan pada lapisan kayu. Simpan furnitur yang terbuat dari kayu dari peralatan atau benda yang dapat memancarkan panas atau jangan biarkan furnitur kayu Anda berada di tempat yang langsung terkena sinar matahari, terutama ketika Anda tinggal di tempat bersuhu tinggi. Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat menyebabkan furnitur kayu berjamur atau juga dapat menyebabkan pertumbuhan serangga, sehingga dapat menjadi rusak.

Pindahkan dengan Benar

Jangan terbiasa menggeser atau memindahkan kursi dan meja dengan menyeret atau menariknya. Ini bisa membuat furnitur kayu Anda cepat rusak atau mudah menipis akibat goresan di lantai. Menarik kakinya saja juga berisiko merusak sambungan kursi. Jika Anda ingin memindahkan furnitur kayu dengan benar, angkat bagian melintang atau dudukan kursi dengan hati-hati.

Gunakan alas untuk meminimalkan kerusakan

Meski Anda sudah berhati-hati saat memindahkan furnitur kayu, cara menggunakan furnitur kayu terkadang bisa merusak penampilan secara perlahan. Untuk meminimalkan risiko goresan dan noda yang membuat warna kayu agak gelap, kusam atau tidak halus, Anda dapat menutupi furnitur kayu dengan menutupi bagian atas meja dengan kain atau taplak meja. Sedangkan untuk kaki, Anda bisa memberikan sepatu khusus untuk bagian setiap kakinya.

Keringkan Air Sesegera Mungkin

Biasanya, jika Anda minum, dan gelas yang Anda gunakan sering meninggalkan noda air melingkar di permukaan meja kayu. Karena jika dibiarkan begitu saja, noda yang basah akan mengering dan tetap secara permanen. Sehingga bisa merusak keindahan tekstur kayu alami.

Jika Anda pernah mengalaminya, Anda bisa menghilangkannya dengan cara berikut. Ini bisa digosok dengan campuran pasta gigi dan baking soda, campuran minyak goreng dan abu. Untuk bintik-bintik kecil, Anda dapat menghapus dengan jari Anda. Alternatif lainnya adalah Anda bisa membakar biji kemiri sampai minyak yang terkandung dalam kemiri hilang. Kemudian hancurkan dia dengan memukul atau ditumbuk. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya pada furnitur yang memiliki noda.

Bersihkan perabotan kayu secara berkala

Bersihkan furnitur kayu setidaknya sebulan sekali atau 2 minggu dengan menyemprotkan produk atap atau cairan pelapis dalam jumlah cukup pada permukaan furnitur kayu. Anda kemudian harus lap dengan kain dan biarkan kering. Jika Anda tidak memiliki peralatan untuk membersihkan furnitur kayu, Anda dapat membelinya di toko perangkat keras atau toko furnitur. Jika perlu, Anda dapat melakukan finishing ulang setiap 2 hingga 3 tahun sekali, agar tidak tampak kusam.

Gunakan Kuas atau Sikat Gigi

Secara umum, furnitur kayu dapat dengan mudah dibersihkan dengan kain katun atau kain. Tetapi debu, kotoran atau jamur pada furnitur kayu yang tidak dapat dibersihkan atau diangkat dengan sempurna karena tersangkut di antara retakan. Gunakan kuas kecil dan tipis atau gunakan sikat gigi untuk mencapai tempat-tempat tersebut. Sehingga kotoran dan debu bisa terangkat dengan baik.

Manfaatkan sisa Teh

Selain menjadi sehat dan dapat dikonsumsi, teh memiliki kegunaan lain. Penggunaan lain adalah sebagai pembersih kayu. Jika Anda ingin hasil warna yang cemerlang dan maksimal, celupkan kain lembut ke dalam teh hitam. Kemudian Anda bisa mengusapkan pada furnitur kayu Anda. Tetapi peras dulu agar tidak terlalu basah . Jika sudah dibersihkan, biarkan sampai kering.