Cara Membersihkan Kerak pada Tatakan Kompor Gas

cara membersihkan kerak pada tatakan kompor gas

Tatakan ini merupakan bagian dari kompor gas yang paling sering mengalami kotor karena cipratan minyak atau sisa makanan yang tertinggal. Umumnya mesin pengolah makanan ini sangat jarang dibersihkan, sehingga beberapa kotoran menumpuk dan menyebabkan kerak membandel.

Untuk itu kini kita akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan agar kerak pada tatakan kompor gas dapat hilang dengan mudah.

Berikut Langkah-langkah untuk Membersihkan Kerak pada Tatakan Kompor Gas

Langkah 1 : Sebelum Anda melakukan proses pembersihan ini pastikan kompor sudah dalam keadaan dingin, sehingga tidak akan membahayakan tangan Anda.

Langkah 2 : Lepas bagian tatakan kompor gas dengan mengangkatnya secara perlahan.

Langkah 3 : Lalu siapkan wadah besar yang sudah diberi campuran air panas dan sabun cuci piring

Langkah 4 : Rendam tatakan kompor gas Anda selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan agar kerak yang menempel mudah untuk dibersihkan.

Langkah 5 : Setelah itu, gosok dengan menggunakan spons cuci piring yang kasar. Tidak disarankan untuk menggunakan sikat kawat karena dapat merusak lapisan cat pada tatakan kompor gas Anda.

Langkah 6 : Bilas dengan air bersih dan gosok dengan kain bersih hingga kering. Lalu pasang kembali seperti semula.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk membersihkan kerak pada tatakan kompor gas Anda. Selain kerak, Anda juga dapat mengatasi tatakan kompor gas yang berminyak dengan cara ini.