Cara Membersihkan Mesin Mixer yang Berkarat

cara membersihkan mesin mixer yang berkarat

Mixer merupakan mesin produksi yang sering digunakan dalam proses pembuatan adonan roti dan berbagai jenis kue lainnya. Seperti halnya mesin pada umumnya, mixer dapat berkarat jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan atau menghilangkan karat pada mesin mixer.

1. Baking Soda

cara membersihkan mesin mixer yang berkarat

Baking soda mampu digunakan untuk membersihkan karat ringan atau untuk besi yang terbuat dari logam tipis. Cara menghilangkan karat dengan baking soda cukup mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada body mesin mixer yang berkarat. Pastikan bagian yang berkarat tertutup dengan baik. Diamkan kurang lebih selama satu jam. Lalu gunakan sikat kawat untuk menggosok nya hingga bersih. Lalu Bilas dengan air dan keringkan sampai bersih.

2. Cuka

cara membersihkan mesin mixer yang berkarat

Cuka merupakan bahan yang paling efektif untuk menghilangkan karat. Cara membersihkan karat menggunakan cuka, cukup lepas bagian mesin mixer yang berkarat dan rendam selama semalaman. Lalu angkat dan gosok dengan sikat kawat. Ulangi beberapa kali jika karat susah dibersihkan.

3. Lemon dan Garam

cara membersihkan mesin mixer yang berkarat

Anda juga dapat menggunakan lemon dan garam untuk membersihkan karat pada mesin mixer. Teknik ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam untuk mengatasi karat yang menempel pada logam. Tutupi bagian yang berkarat dengan garam lalu peras jus lemon di atas lapisan garam. Setelah itu, biarkan selama sekitar dua jam. Gosok objek dengan kulit lemon. Jika karat tidak juga hilang, gunakan sikat kawat dan gosok hingga bersih.

4. Asam Sitrat

cara membersihkan mesin mixer yang berkarat

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mencampurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam bagian mesin mixer yang berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat kawat. Lakukan berulang jika karat membandel.