Cara Membersihkan Sofa Kain Dalam Waktu Singkat dan Dijamin Bersih

Sofa menjadi salah satu perabotan yang mudah kotor terutama sofa kain. Untuk itu Anda harus mengetahui cara membersihkan sofa kain yang kotor agar sofa bisa tahan lama.

Cara Membersihkan Sofa Kain Dalam Waktu Singkat

Kotoran dari bekas makanan, tumpahan minuman atau bulu hewan piaraan menjadi alasan mengapa sofa kain harus dibersihkan secara rutin agar tetap bersih dan tahan lama. Untuk menjaga kebersihan sofa, Anda bisa memulainya dengan melakukan cara membersihkan sofa kain berikut ini.

baca juga artikel cuci sofa Bandung by Grades

Kenali Bahan Sofa

Mengenali bahan sofa penting untuk menentukan metode pembersihan yang sesuai dengan jenis bahan sofa tersebut. Setiap material pembungkus sofa tentu memiliki metode pembersihan tersendiri yang efektif. Bila Anda memiliki sofa berbahan kain, maka cara mencuci sofa kain yang kotor bisa dimulai dengan membaca tag sofa.

Untuk sofa kain dengan tag W artinya bisa dicuci dengan air. Sedangkan sofa dengan tag X artinya Anda bisa membersihkannya menggunakan penyedot debu. Sofa dengan tag SW berarti bisa dibersihkan menggunakan air atau pembersih pelarut. Untuk sofa dengan tag S maka sofa tersebut hanya bisa dibersihkan menggunakan pembersih pelarut.

kunjungi juga website tentang jasa panggil cuci sofa di bandung

Membersihkan Permukaan Sofa Kain

Setelah mengenali jenis bahan pembungkus sofa, mulailah untuk melepas bantalan sofa. Bersihkan sofa dengan menyikat kain sofa ke arah bawah terutama di bagian sudut dan celah sofa untuk menghilangkan sampah dan remah-remah yang masuk ke sana. Untuk membantu membersihkan permukaan sofa, Anda bisa menggosok noda dan kotoran menggunakan handuk.

Gunakan sikat pembersih yang empuk agar permukaan kain tidak rusak. Sikat jenis ini bisa membersihkan debu, rambut dan bulu hewan piaraan yang menyangkut di celah yang dalam. Hindari menggunakan spon warna apapun untuk membersihkan noda sofa karena terkadang warna spon justru bisa mengotori sofa.

Menghilangkan Bau Pada Kain

Setelah sofa kain bersih dari remah-remah dan noda, kini saatnya untuk menghilangkan bau yang tak sedap. Cara membersihkan sofa kain yang bau namun tetap hemat anggaran yakni menggunakan baking soda. Cukup menaburkan baking soda ke permukaan sofa dan biarkan minimal 20 menit agar bakin soda bekerja menghilangkan bau, kemudian vakum sofa menggunakan sikat. Bila ingin lebih bersih, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan pembersih karpet kering. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan vakum.

Mencuci Sofa Kain Biasa

Cara membersihkan sofa kain selanjutnya yakni mencuci sofa. Siapkan sabun cair dan 4 gelas air. Campurkan 2 hingga 3 tetes sabun cair ke dalam air dan larutkan sabun hingga tercampur merata. Celupkan ujung kain katun ke dalam larutan pembersih dan peras cairan yang berlebih.

Gosokkan kain katun ke permukaan sofa yang terdapat noda. Gosokkan kain dengan arah gerakan melingkar namun jangan terlalu keras. Bersihkan noda sebanyak mungkin lalu gunakan kain kering tanpa serat untuk menyerap kelembaban berlebih yang tersisa di sofa.

Cara Membersihkan Sofa Kain Berwarna

Untuk membersihkan sofa berwarna, Anda harus mengamati tag yang tercantum di sofa. Apabila Anda memiliki sofa dengan tag W atau SW, maka cara membersihkan sofa kain tersebut yakni sebagai berikut:

· vakum sofa terlebih dahulu sehingga Anda tak perlu menggosok sofa.

· Campurkan dua gelas air suling dengan satu sendok makan cairan pencuci piring serta satu sendok makan cuka ke dalam ember.

· Basahi kain microfiber dengan larutan pembersih tersebut.

· Gosokkan kain dengan lembut ke area yang bernoda.

· Basahi kain microfiber lainnya dengan air suling murni, kemudian usapkan ke area yang masih ada sisa sabun.

· Gosok lembut area tersebut menggunakan kain microfiber kering.

· Keringkan sofa dengan menggunakan bantuan kipas angin.