Yuk Intip Cara Membuat Bakso Ayam Agar Tidak Lembek

bakso yang memiliki banyak macam-macam bentuk,macam-macam varian isi bakso.Yuk Intip Cara Membuat Bakso Ayam Agar Tidak Lembek,pastinya sangatlah mudah.

Asal Mula

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’.

Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang.

Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari Tiongkok tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau capcai.

Bakso dapat ditemukan di banyak tempat di Indonesia, mulai dari PKL hingga restoran kelas atas. Bersamaan dengan soto, sate, dan siomai. Saat ini berbagai jenis bakso siap masak tersedia sebagai makanan beku yang dijual di supermarket di Indonesia.

Berikut 5 Tips dan Cara Membulatkan Bakso Agar Tidak Lembek:

1.Pakai Tangan

Bakso umumnya berbentuk bulat. Namun karena adonan untuk membuat bakso agak encer, maka agak sulit untuk membentuknya menjadi bulatan sempurna. Cara tradisional untuk membulatkan bakso adalah menggunakan tangan.

Sebelumnya tangan harus dalam keadaan bersih terlebih dahulu agar kuman tidak menempel ke adonan bakso. Kamu bisa juga menggunakan sarung tangan agar lebih terjaga kehigenisannya. Langkahnya cukup sederhana, pertama kamu ambil adonan bakso itu memakai tangan.

Kemudian ditekan-tekan hingga adonan bakso berbentuk bulat keluar di antara telunjuk dan jempol. Jika sudah membentuk bulatan sempurna, lalu sendoki adonan bakso dan masukkan ke dalam rebusan air mendidih.

2. Pakai Dua Sendok

Jika tak ingin tangan kotor, tips selanjutnya yaitu memakai dua sendok . Cara membulatkan bakso ini juga sering dilakukan oleh para penjual bakso.

Caranya juga mudah, kamu tinggal ambil adonan bakso menggunakan sendok. Kemudian dibentuk dengan dua sendok tersebut hingga bentuknya bulat sempurna.

Jika sudah berbentuk bulat, barulah adonan bakso itu dimasukkan ke dalam rebusan air mendidih. Cara ini biasa dilakukan karena terbilang mudah dan lebih cepat.

3. Pakai Centong Berlubang

Saat ini banyak sekali alat masak yang praktis dijual di pasaran. Tentu saja gunanya untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tak terkecuali untuk membulatkan bakso.

Alat praktis itu adalah centong yang bagian tengahnya berlubang. Centong ini sangat mudah digunakan untuk membulatkan bakso. Bagaimana caranya?

Kamu tinggal menekan centong tersebut di atas adonan bakso. Kemudian adonan tersebut akan keluar lewat lubang bagian tengahnya dan membentuk bakso bulat sempurna.

Ukuran baksonya juga bisa kamu sesuaikan. Jika sudah ambil adonan tersebut menggunakan sendok dan masukkan ke dalam rebusan air mendidih. Bakso yang kenyal nikmat ini bisa dibuat dengan mudah.

4. Pakai Cetakan Scoop

Alat praktis untuk membulatkan bakso selanjutnya adalah cetakan scoop. Cetakan ini bentuknya mirip dengan scoop es krim, hanya saja bentuk scoop ini seperti gunting untuk pegangannya.

Kalau scoop es krim hanya terdapat satu bulatan, untuk membulatkan bakso ini terdapat dua scoop bulat. Caranya kamu tinggal mengambil adonan bakso dan dibentuk menggunakan scoop tersebut.

Jika bentuknya sudah bulat, masukkan ke dalam air mendidih untuk merebus bakso itu. tapi tenang saja sekarang sudah ada mesin pembuat bakso

Demikian artikel Yuk Intip Cara Membuat Bakso Ayam Agar Tidak Lembek,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.sekian terima kasih.