Cara Membuat Jus Pare yang Baik untuk Kesehatan

cara membuat jus pare – Pare adalah sejenis tumbuhan merambat yang memiliki ciri khas buah nya berwarna hijau ketika masih muda lalu berwarna kuning keemasan ketika sudah matang, panjang serta bergerigi di kulit nya. Tumbuhan ini juga banyak tumbuh di daerah dataran rendah terutama di daerah tropis dan biasa nya tumbuh di pelataran rumah warga. Pare bisa dibuat jadi berbagai macam bahan makanan, maupun minuman seperti cara membuat jus pare.

Berbicara tentang pare, pasti yang terfikir di benak kalian adalah pahit. Meski begitu, meskipun rasanya pahit, pare ternyata  memiliki banyak manfaat , mulai dari menurunkan berat badan hingga mengatasi diabetes.

Supaya mudah dikonsumsi, pare bisa dibuat minuman dengan cara membuat jus pare. tapi kan pare pahit, dibuat jus apa bisa enak? Nah seperti apa caranya membuat pare jadi tidak pahit supaya enak dibuat jus? simak ulasannya dibawah ini

Cara Membuat Jus Pare

Bahan-bahan:

  • pare 2 buah
  • bubuk kunyit 1/4 sdt
  • jeruk lemon setengah potong
  • garam 1/2 sdt
  • gula 1 sdt

Cara Membuat Jus Pare:

1. Cuci kemudian kupas pare, buang bijinya karena tidak terpakai, lalu pare dipotong kecil – kecil.

2. Tambahkan setengah sendok teh garam kedalam air yang digunakan untuk merendam pare yang sudah dipotong-potong selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan gula ,lalu aduk semua bahan sampai pare menjadi layu. Diamkan sekitar 15 menit, lalu cuci bersih buah pare tersebut di air yang mengalir.

3. Aduk pare menggunakan blender untuk mengekstrak jusnya.

4. Tambahkan jus lemon, bubuk kunyit dan garam ke dalam jus.

Minum jus ini sekali sehari ketika perut sedang kosong untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Kalau kamu berniat menjual produk jus pare, maka kamu akan memerlukan cup sealer supaya minumanmu bisa awet.

Kandungan Nutrisi Pare

Pare menjadi salah satu sumber vitamin yang cukup baik. Satu gelas jus pare mampu memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 93% yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan kebutuhan vitamin A harian sekitar 44% . Vitamin C memiliki mikronutrien penting  dalam mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Sedangkan vitamin A diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan kulit dan membuat mata tetap sehat.

Manfaat jus pare untuk kesehatan

Mengonsumsi jus pare secara rutin mampu memberikan beberapa manfaat kesehatan. Itulah kenapa pada pengobatan tradisional India dan Tiongkok, buah ini kerap digunakan dalam beberapa metode pengobatan penyakit. Berikut manfaat dari jus pare selengkapnya.

  1. Membantu menurunkan gula darah

Gula darah juga bisa membantu seseorang dengan kondisi gula darah buruk atau diabetes. Komponen yang ada didalam pare memiliki kandungan yang mirip dengan insulin. Komponen ini bisa digunakan untuk meregulasi gula darah sehingga jumlahnya tidak akan terus meningkat dan memunculkan gejala diabetes yang mengganggu.

2. Membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan

Pare mengandung banyak Vitamin A dan C sekalipun memiliki rasa pahit. Vit A dan Vit C bertindak sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Kalau sel tubuh selalu sehat, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh seperti infeksi dan inflamasi bisa terjadi.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, pare memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh khususnya dalam hal menurunkan berat badan. Jika rutin mengonsumsi pare, sekalipun dalam bentuk jus, jumlah lemak di perut akan menurun serta lingkar pinggangnya mengalami penurunan yang signifikan. selain dari pare, beberapa penyakit ini bisa diatasi dengan minyak kelapa murni.

Nah, itulah cara membuat jus pare secara mudah namun memiliki banyak khasiat. selamat mencoba dan rasakan manfaatnya!