Cara Membuat Kolak Singkong Mutiara Simple & Enak

cara membuat kolak singkong mutiara ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini yaitu tentang makanan kolak singkong mutiara ,kolak adalah makanan atau juga minuman dengan kuah santan bercampur gula jawa makanan ini biasa kita temui saat berbuka ,karena mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Nah kali ini social-blend.com akan memberikan cara membuat kolak singkong mutiara beserta bahan – bahan yang di perlukan.

Bahan – bahan Cara Membuat Kolak Singkong Mutiara :

  • 3 ubi kayu atau ubi jalar
  • 4 buah pisang
  • 100 gram (1 scht pearl cendol)
  • 175 gram gula pasir
  • Santan 1.000ml
  • Cicipi garamnya
  • 6 spesies cengkeh
  • 2 kayu manis

Cara Membuat Kolak Singkong Mutiara :

  1. Siapkan bahan-bahannya.
  2. Masak dan tiriskan cendol mutiaranya sesuai petunjuk kemasan.
  3. Kupas ubi dan singkong, potong sesuai selera, rebus hingga matang. Jika air hanya tersisa sedikit, biarkan apa adanya, dan jika masih banyak air rebusan, keluarkan terlebih dahulu.
  4. Kupas pisang dan potong sesuai selera.
  5. Tempatkan santan dalam wadah masak dan tambahkan ubi / singkong, pisang dan gula.
  6. Didihkan, tambahkan sedikit garam, tambahkan cengkeh dan kayu manis.
  7. Matikan kompor, sajikan seperti gambar, ambil sesendok cendol mutiara lalu tuang kolak dan isinya. Jangan makan bumbu hanya untuk menambah aromanya.

Kalian juga bisa mencoba olahan singkong yang lainnya seperti kripik singkong balado

Manfaat Mengonsumsi Kolak Saat Berbuka

Membantu Perkembangan Foetation

Jika Anda sedang hamil, sebaiknya selalu berhati-hati saat memilih menu buka puasa. Ini karena semua yang Anda makan tidak hanya mengalir ke tubuh ibu, tetapi juga diserap oleh pembuahan di dalam rahim. Jadi perlu dipastikan menu buka puasa hari ini benar-benar bergizi dan sehat.

Kelola Kadar Gula Darah

Pisang kaya akan pektin, sejenis serat yang membuat pisang lembut dan kenyal. Pektin tidak hanya membuat pisang lebih mudah dimakan, tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Indeks glikemik pisang tergolong rendah, sekitar 51-60. Indeks glikemik merupakan indikator seberapa cepat tubuh menyerap karbohidrat. Semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, semakin lambat tubuh menyerap karbohidrat. Alhasil, jika Anda mengonsumsi kolak pisang saat berpuasa, gula darah Anda tidak akan melonjak dengan cepat.

Menurunkan Berat Badan

Belum ada penelitian yang secara langsung menunjukkan manfaat kolak pisang untuk menurunkan berat badan. Namun, kolak pisang merupakan makanan yang baik untuk dimakan saat sedang diet.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung, terutama dalam hal mengontrol tekanan darah. Pisang merupakan salah satu sumber kalium terbaik, karena satu buah pisang ukuran sedang (118 gram) dapat memenuhi 9% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Makan kolak ubi saat berpuasa tidak hanya memperpanjang rasa kenyang, tapi juga baik untuk kesehatan pencernaan. Ini karena ubi jalar kaya akan serat makanan dan antioksidan, yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dilihat dari nilai gizinya, setiap 200 gram ubi jalar mengandung 6,6 gram serat. Para ahli telah menunjukkan bahwa makanan kaya serat terbukti dapat merangsang buang air besar secara lebih teratur dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya baik untuk pencernaan, namun mengonsumsi segelas kolak ubi jalar saat berpuasa membantu menjaga kesehatan mata. Untuk setiap 200 gram ubi jalar mengandung beta karoten 7 kali lebih banyak dibandingkan sayuran jeruk lainnya.

Beta-karoten adalah sejenis antioksidan yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Zat ini diperlukan untuk memperkuat reseptor fotodetektor di mata. Semakin tinggi asupan vitamin A Anda, semakin jelas dan sehat penglihatan Anda.

Meningkatkan Fungsi Otak

Apakah Anda merasa sulit berkonsentrasi dan berkonsentrasi saat berpuasa? Jangan bingung. Cobalah segelas kolak ubi untuk berpuasa.

Ubi jalar kaya akan antosianin, antioksidan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Tak hanya itu, makanan yang mengandung antioksidan tinggi telah terbukti menurunkan risiko demensia hingga 13%.

Cocok untuk Penderita Diabetes

Tentunya jika Anda memiliki masalah diabetes, Anda perlu lebih berhati-hati saat memilih menu buka puasa. Pasalnya, salah memilih makanan justru bisa meningkatkan kadar gula darah Anda secara drastis.

Semangkuk kolak ubi jalar bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang aman dan sehat untuk diabetes. Ini karena ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah 63. Jangan heran bahwa makan segelas kolak ubi jalar akan menstabilkan gula darah dan memberi Anda kontrol yang lebih baik terhadap diabetes Anda.

Keunggulan lain dari puasa kolak ubi jalar adalah kandungan seratnya. Menurut studi 2018 Journal of Chiropractic Medicine, diet tinggi serat membantu mengontrol kadar gula darah, lipid, dan insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Sekian artikel dari saya semoga membantu, dan apabila kalia ingin mengolah singkong dengan cepat kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong multifungsi .Terimakasih