Cara Membuat Sambal Taichan Senayan Yang Enak dan Gurih

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sambal taichan senayan yang enak dan gurih.

Cara Membuat Sambal Taichan Senayan

Cara Membuat Sambal Taichan Senayan

Baca juga : Cara Membuat Sate Taichan yang Enak dan Mudah

Sate taichan mulai naik daun di kalangan masyarakat Jakarta tahun 2016. Amir yang merupakan pelopor sate taichan di daerah Senayan, Jakarta Pusat menceritakan awal mula sate taichan ini dibuat dan diberi nama ‘Taichan’.

“Pertamanya ada pasangan yang laki-laki orang Jepang yang perempuan orang kita (Indonesia), masih ingat saya nama perempuannya, Inet. Laki-lakinya itu mau bikin sate sendiri. Dia kasih garam ke dagingnya sama jeruk (nipis) dan sambal.

Terus saya tanya ‘Ini sate apa namanya?’ kata orangnya ‘taichan!’,” cerita Amir pada KompasTravel, Rabu (4/1/2017).  BACA JUGA: Belum Buka Saja Pembeli Sudah Antre, Apa Rahasia Sate Taichan Bang Ocit Senayan? Dari orang Jepang itulah nama dan resep sate taichan bermula.

“Inet, (pembeli) yang perempuan sampai sekarang masih sering makan sate taichan di tempat saya. Cuma yang laki-laki Jepang sudah tidak pernah,” kata Amir.  Amir sendiri sebenarnya bernama asli Sunardi asal Madura. Ia berjualan sate bumbu kacang dari tahun 1981.

“Saya dulu jualan sate keliling. Pertama beli gerobak ada namanya Amir, ya sudah saya lanjutkan saja. Sekarang semua orang kenal saya namanya Amir,” katanya.

Manfaat Daging Ayam

1. Sumber Protein 

Protein terbuat dari asam amino yang membangun blok otot. Daging ayam dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik yang bisa membangun dan memelihara struktur dalam tubuh seperti sel dan tulang bersama dengan pemecahan racun. 

2. Anti-Depresan 

Daging ayam merupakan sumber asam amino yang disebut dengan triptofan yang memberi Anda rasa lega dan nyaman.  Senyawa tersebut bisa meningkatkan kadar serotonin di otak yang selanjutnya meningkatkan suasana hati.  Jadi, tidak heran bila daging ayam menjadi makanan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. 

3. Penangkal penyakit 

Ayam mengandung selenium yang bertindak sebagai antioksidan.  Sifat antioksidan dianggap memiliki efek positif pada penyakit degeneratif termasuk penyakit inflamasi, kardiovaskular, dan neurologis.  Antioksidan juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel. 

4. Mengatur dan menjaga kadar kolesterol 

Daging ayam mengandung vitamin B3 yang disebut dengan niasin. Kandungan ini bertanggung jawab untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan menjaga kesehatan sel tubuh.  Niasin juga terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung pada penderita kolesterol tinggi. 

5. Merangsang Metabolisme Tubuh

Daging ayam mengandung vitamin B6 yang bisa membantu dalam proses metabolisme karbohidrat dan protein.  Selain itu, vitamin B6 ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Daging ayam memang memberikan manfaat baik untuk kesehatan, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara asal-asalan. 

Anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih bagian yang tepat dari sumber yang tepat.  Sebab, bila salah pilih daging ayam bisa menyebabkan keracunan karena mengandung bakteri salmonella.

Efek Samping Cara Membuat Sambal Taichan Senayan

1. Dapat meningkatkan kolesterol

Mengonsumsi ayam dengan cara yang benar mungkin tidak berkontribusi pada lonjakan kadar kolesterol Anda. Itu semua tergantung bagaimana Anda mengonsumsinya.

Jika Anda adalah konsumen reguler ayam goreng, maka tidak ada keraguan fakta bahwa kadar kolesterol Anda akan melonjak. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ayam daging putih meningkatkan kadar kolesterol jahat dengan cara yang sama seperti daging merah.

Untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali, yang terbaik adalah mengonsumsi ayam mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau ditumis.

2. Makanan berpanas tinggi

Ayam dianggap sebagai makanan berpanas tinggi. Ini dapat meningkatkan suhu tubuh Anda secara keseluruhan, dalam istilah yang lebih sederhana, dapat menyebabkan ‘panas’ di dalam tubuh.

Karena itu, beberapa orang mungkin mengalami pilek setelah mengonsumsinya, terutama selama musim panas. Situasi seperti ini mungkin saja terjadi akibat konsumsi ayam sehari-hari.

Jika Anda mengalami hidung berdarah setelah makan ayam secara teratur, yang terbaik adalah memakannya setelah jeda beberapa hari.

3. Berat Badan Bertambah

Efek samping lain dari makan ayam secara teratur adalah penambahan berat badan. Sejumlah makanan seperti Chicken Biryani, Butter Chicken, Fried Chicken, Ayam Geprek, Ayam Goreng dan masih banyak lagi merupakan makanan yang berkalori tinggi dan cukup berat.

Tidak apa-apa untuk mengonsumsinya sesekali, tetapi konsumsi teratur pasti akan menyebabkan penambahan berat badan dan mungkin juga menyebabkan lonjakan kolesterol.

4. Terkait dengan ISK

Varietas ayam tertentu juga dapat dikaitkan dengan infeksi saluran kemih atau ISK. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal mBio American Society for Microbiology, ayam dengan strain tertentu E.coli dapat menyebabkan berbagai infeksi, termasuk ISK.

“Tim menemukan E.coli di hampir 80% dari 2.452 sampel daging dan 72% dari urin dan kultur darah positif dari pasien yang mengonsumsi daging”, menurut Science Daily. Untuk mencegah infeksi tersebut, yang terbaik adalah mengkonsumsi ayam yang “dibesarkan tanpa antibiotik”.

Cara Membuat Sambal Taichan Senayan

Bahan Cara Membuat Sambal Taichan Senayan :

  1. 350 gr dada ayam tanpa tulang
  2. 1/2 buah jeruk nipis
  3. 3/4 sdt garam halus
  4. 1 sdt totole kaldu jamur
  5. Secukupnya lada
  6. Bahan sambal :
  7. 15 buah cabai rawit merah jkt
  8. 2 buah cabai merah keriting
  9. 2 buah bawang merah
  10. Secukupnya garam
  11. Gula secukupnya
  12. Secukupnya lada
  13. Air secukupnya
  14. Secukupnya minyak makan

Cara Membuat Sambal Taichan Senayan :

  1. Potong dadu dada ayam, beri garam, jeruk nipis dan lada, aduk2 hingga merata – lalu tusuk dengan tusukan sate- sisihkan kira2 10 menit
  2. Rebus cabai dan bawang hingga layu, lalu diblender halus
  3. Tumis cabai dan bawang yg sudah diblender dengan sedikit minyak, tambahkan air, gula garam dan lada aduk2 hingga matang, sisihkan
  4. Panggang ayam diatas teflon yg sudah dioles minyak goreng, masak hingga matang
  5. Sate taichan senayan siap dihidangkan, tmbh kan bawang goreng yaa.

Nah itulah cara membuat sambal taichan senayan yang enak dan gurih,bahan-bahannya juga mudah didapatkan serta terjamin kesehatannya.