Cara Membuat Sandwich Keju Menggunakan Oven Pemanggang Roti

cara membuat sandwich keju menggunakan oven pemanggang roti

Sandwich keju adalah hidangan klasik Amerika, hidangan ini menjadi makanan pokok karena mudah dibuat dan hasilkan sangat lezat. Teknik pemasakan sandwich ini biasanya menggunakan mesin pengolah makanan tradisional, namun saat ini kita akan mencoba memasak sandwich keju menggunakan oven pemanggang roti.

Bahan :

  • 2 potong roti
  • 2 sendok teh mentega lunak
  • 2 iris keju (sekitar 1,5 ons)

Langkah Pembuatannya :

1. Panaskan terlebih dahulu oven ke 450 ° F (232 ° C) dan letakkan di dalam loyang

Atur suhu pemanggang menjadi 450 ° F (232 ° C) dan pindahkan rak memasak ke posisi terendah. Kemudian, letakkan loyang di atas rak dan biarkan memanas bersama oven.

  • Posisi rak terendah adalah yang terdekat dengan elemen pemanas di dalam oven pemanggang. Anda mungkin ingin mengetahui lokasi elemen pemanas, karena beberapa oven pemanggang dapat bervariasi.

2. Oleskan mentega 1 sisi setiap irisan roti

Biarkan mentega berada pada suhu kamar selama 30 menit sehingga akan melunak. Tempatkan roti Anda di permukaan yang bersih dan rata, seperti meja, talenan, atau piring, dan oleskan mentega hanya di sisi atas irisan saja. Gunakan sekitar 1 sendok teh mentega lunak per irisan.

  • Lebih baik menggunakan roti multigrain yang sehat daripada roti putih, karena lebih enak.

3. Balikkan 1 potong roti dengan mentega menghadap ke bawah

Dengan hati-hati, letakkan irisan roti Anda dengan hati-hati pada permukaan yang rata sehingga sisi yang menghadap ke bawah. Beri 2 lapis irisan keju di atas roti.

  • Hindari menggunakan keju parut, karena akan meleleh terlalu cepat dan membuat berantakan.

4. Isi keju dengan potongan roti yang tersisa, diolesi mentega

Sejajarkan potongan roti kedua dengan yang pertama, langsung di atas keju irisan. Pastikan posisi roti dengan sisi yang diolesi mentega agar roti Anda menyatu dengan benar.

5. Taruh sandwich di panci yang sudah dipanaskan dan letakkan di oven

Kenakan sarung tangan oven dan tarik loyang dari oven pemanggang Anda. Dengan hati-hati letakkan keju panggang di atas permukaan yang panas dan kembalikan loyang ke posisi rak terendah.

6. Panggang sisi sandwich pertama selama sekitar 4 menit

Setelah 4 menit, buka oven dan angkat sandwich dengan spatula sehingga Anda bisa melihat bagian bawah roti. Ini siap untuk dibalik setelah bagian bawahnya dipanggang dan kecoklatan.

7. Balik keju panggang dengan spatula dan panggang selama 3-4 menit

Tetap menggunakan sarung tangan oven, buka oven pemanggang roti dan lepaskan loyang. Gunakan spatula untuk membalik sandwich sehingga sisi yang lain bisa menjadi renyah dan kecoklatan.

  • Keju harus dicairkan setelah kedua irisan roti bagus dan berwarna keemasan. Keju yang meleleh mampu menyegel kedua sisi roti.
  • Jika sandwich belum terlihat matang, masukkan kembali ke dalam oven pemanggang dalam interval 1 menit.

8. Dinginkan sandwich selama 1-2 menit

Pindahkan keju panggang ke piring saji. Gunakan pisau untuk memotongnya di tengah, lalu biarkan dingin selama beberapa menit, karena akan sangat panas. Selamat menikmati sandwich Anda.

Itulah beberapa langkah dalam pembuatan sandwich keju dengan menggunakan oven pemanggang roti.