Cara Memperbaiki Blender yang Bau Gosong

cara memperbaiki blender yang bau gosong

Blender merupakan mesin produksi skala rumahan yang biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu dan membuat jus buah. Blender termasuk dalam peralatan elektronik yang rentan terhadap beberapa masalah kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Salah satu masalah pada blender yang akan kita bahas saat ini adalah cara memperbaiki blender yang bau gosong. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya kotoran atau serangga yang masuk ke dalam mesin, dan bisa juga disebabkan adanya komponen yang terbakar karena faktor usia pemakaian.

Berikut ini Cara untuk Memperbaikinya

  1. Pertama-tama sebelum Anda memulai proses pembukaan casing body, jangan lupa untuk mencabut kabel dari aliran listrik. Setelah itu buka bagian bau pada bagian mesin dengan menggunakan obeng yang sesuai dengan bentuknya.
  2. Setelah bagian casing body sudah terbuka, lepas dan perhatikan satu persatu komponen mesin apakah ada yang terbakar atau sudah tidak layak pakai. Bau gosong pada komponen juga dapat dirasakan oleh indra penciuman Anda.
  3. Jika terdapat komponen yang terbakar, seperti tombol switch on off atau lain sebagainya. Anda bisa membuka bagian baut untuk melepas komponen tersebut.
  4. Anda bisa menghubungi toko mesin tempat Anda membeli blender tersebut, atau juga bisa membeli komponen pada toko elektronik yang tentunya komponen yang Anda butuhkan harus memiliki bentuk dan jenis yang sesuai.
  5. Setelah itu, Anda bisa memasangnya kembali seperti semula. Lalu coba untuk mengoperasikan blender seperti pada normalnya, jika sudah tidak terdapat bau gosong itu berarti Anda sudah berhasil.

Cara di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke service center, sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran Anda. Perlu diperhatikan untuk setiap blender memiliki bentuk dan letak komponen yang berbeda-beda, bantuan manual book dapat mempermudah Anda dalam proses perbaikan ini.