Cara Memperbaiki Mesin Espresso yang Tidak Mau Menyala

cara memperbaiki mesin espresso yang tidak mau menyala

Dalam setiap penggunaan mesin produksi seperti mesin espresso ini, beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan penggunanya adalah mesin yang tidak mau menyala. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh penggunaannya yang sudah terlalu lama atau bisa saja disebabkan oleh kualitas mesin espresso yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan mesin espresso Anda tidak mau menyala

1. Tombol on/off salah posisi

Banyak mesin memiliki tombol on/off yang berada di lebih dari satu posisi. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengaktifkan tombol satu per satu sampai lampu atau indikator menunjukkan mesin menyala.

2. Power supply korslet

Beberapa komponen mesin yang rusak atau sudah tidak layak pakai dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Sebuah lingkarang di elemen atau koil dari electrovalve umumnya menjadi penyebab utama masalah ini. Anda bisa menggantinya dengan model baru dan memiliki type yang sama.

3. Safety thermal switch pada mesin korslet

Jika mesin espresso terlalu panas pada saat digunakan, safety thermal switch akan mematikan aliran listrik sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Namun biasanya permasalahan ini akan terjadi tanpa sepengetahuan penggunanya, oleh karena itu sangat disarankan dalam setiap penggunaannya selalu mematikan mesin ketika tidak berada dalam keadaan produksi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan mesin espresso Anda tidak mau menyala, Anda dapat memperbaiki mesin espresso Anda sendiri dengan bantuan buku manual untuk dapat menemukan titik letak komponen pada mesin espresso Anda. Atau juga dapat menggunakan tenaga teknisi dari toko mesin merek tersebut.