Cara Mendaur Ulang Sampah Organik yang Mudah

Mungkin masih banyak orang yang belum tau cara mendaur ulang sampah organik bukan?.Nah,maka dari itu ikuti langkah-langkah mendaur ulang sampah organik jadi kompos berikut ini.sebelum ke caranya simak baik-baik pengertian sampah organik di bawah ini.

Pengertian Sampah Organik

Cara Mendaur Ulang Sampah Organik

Sampah adalah sisa limbah dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih dapat didaur ulang menjadi barang yang berharga.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa organisme hidup yang dapat dengan mudah terurai secara alami tanpa campur tangan manusia.

Sampah organik dapat dikatakan sebagai sampah yang ramah lingkungan bahkan sampah tersebut dapat diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat jika dikelola dengan baik. Namun jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan penyakit dan bau yang tidak sedap akibat cepatnya dekomposisi sampah organik.

Jenis sampah organik

Berdasarkan jenisnya sampah organik dibedakan menjadi 2 yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering.

1.Sampah organik basah

Sampah organik basah adalah sampah organik yang banyak mengandung air. Sampah organik basah contohnya sisa-sisa tanaman, kulit pisang, buah busuk, kulit bawang merah dan sejenisnya.

Sampah organik dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena kandungan air yang tinggi menyebabkan sampah jenis ini cepat terurai.

2.Sampah organik kering

Sampah organik kering adalah sampah organik yang sedikit mengandung air. Contoh sampah organik antara lain kayu, ranting pohon, kayu dan daun kering. Sebagian besar sampah organik sulit untuk didaur ulang, sehingga seringkali dibakar untuk menghancurkannya.

Proses Mendaur Ulang Sampah organik

1.Proses Mendaur Ualng Sampah Organik-Pemisahan

Tahap pertama dari proses daur ulang adalah pemisahan. Pada titik ini, harus dipisahkan antara sampah yang akan didaur ulang dan sampah yang akan dibuang.

2.Proses Mendaur Ulang Sampah Organik-Penyimpanan

Setelah sampah dipisahkan, dapat disimpan di tempat sampah. Setiap tempat sampah sebaiknya berisi satu jenis sampah, jangan dicampur karena setiap jenis sampah memiliki proses daur ulang yang berbeda. Misalnya, kertas dengan kertas, kertas dengan daun, botol kaca dengan botol kaca, dll.

3.Proses Mendaur Ulang Sampah Organik-Pengiriman atau penjualan

Sampahnya bisa langsung dikirim ke tempat sampah daur ulang terdekat atau kalau tidak mau repot berikan ke tempat sampah atau pengepul barang bekas yang biasa lewat di depan rumah. Nantinya mereka akan mengirimkan sampah tersebut ke pusat daur ulang. Kemudian mereka akan mendapatkan uang dari sampah yang dikumpulkan.Cara Mendaur Ulang Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

Pengertian Kompos

Kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang sudah ada sejak lama. Kompos didefinisikan sebagai bahan organik yang telah mengalami proses pelapukan akibat interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang beroperasi dalam bahan organik tersebut.berikut sampah organik yang dapat diubah jadi pupuk kompos.

  1. Sampah sisa makanan mulai dari sayur-sayuran hingga daging busuk;;
  2. Kertas bekas maupun tisu yang sudah tak terpakai lagi;
  3. Dedaunan serta rumput;
  4. Potongan kayu;
  5. Bumbu dapur kadaluarsa;
  6. Bulu hewan yang rontok;
  7. Debu dari belakang lemari es;
  8. Hingga kotoran hewan peliharaan.

Cara Mendaur Ulang Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

Alat Membuat Pupuk Kompos

  • Wadah berukuran besar dengan penutup (tong atau ember)
  • Sarung tangan

Bahan Membuat Pupuk Kompos

  • Sampah rumah tangga (bisa sisa makanan atau bekas sayuran)
  • Tanah
  • Air secukupnya
  • Arang sekam
  • kapur
  • Cairan pupuk EM4 sebagai tambahan.

Langkah Membuat Pupuk Kompos

  1. Siapkan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
  2. Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Sampah organiklah yang nantinya akan digunakan sebagai pupuk kompos.
  3. Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat pupuk kompos. Jangan lupa bahwa wadah harus dilengkapi dengan penutup agar pupuk yang dibuat tidak akan terkontaminasi.
  4. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah diisi dengan sampah organik. Ketebalannya bisa kamu sesuaikan dengan wadah dan banyaknya sampah organik.
  5. Siram permukaan tanah tersebut menggunakan air secukupnya.
  6. Masukkan sampah organik yang telah dicampur arang sekam(optional) dan kapur pertanian ke dalam wadah.
  7. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  8. siram dengan air yang telah bercampur EM4
  9. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  10. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.

Manfaat sampah organik

Sampah organik memiliki banyak manfaat, bisa menjadi sumber pendapatan jika diolah dengan cara yang bermanfaat. Bahkan bisa mengurangi banyak sampah di TPA. Berikut manfaat sampah organik yang bisa Anda coba:

1.Kompos Sampah Organik / Pupuk Organik

Sampah organik seperti buah-buahan dan sayuran yang membusuk dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti kompos. Mengolah sampah organik menjadi kompos tidaklah sulit.

2.Untuk pakan ternak tambahan

Anda mungkin tahu bahwa sampah organik hanya dibuat untuk pakan tambahan kambing, sapi, dan kerbau. Tapi sekarang sampah organik sudah bisa diolah menjadi pelet untuk pakan ayam dan ikan

3.Sampah organik bisa diubah menjadi biogas dan listrik

tidak percaya? Sampah organik ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Limbah yang berasal dari kotoran hewan dan manusia, limbah tahu dan tepung organik digunakan sebagai bahan utama.

Baca Juga: Cara Mendaur Ulang Botol Plastik

Nah,itu tadi cara mendaur ulang sampah organik yang dapat anda lakukan sebagai cara memanfaatkan sampah organik menjadi barang-barang yang bermanfaat.seperti pupuk kompos.semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar.