Cara Menemukan Makanan Halal di Jepang

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara menemukan makanan halal di Jepang yang dapat Anda jadikan referensi ketika mengunjungi negara tersebut.

1. Menemukan Label Halal

Jumlah makanan buatan Jepang atau barang impor yang memiliki label halal meningkat di toko-toko. Berikut beberapa contoh yang dapat Anda temukan.

  • Toko-Indonesia

Ini adalah salah satu toko favorit banyak orang untuk membeli makanan / minuman halal, baik secara online maupun offline. Anda dapat mengunjungi toko ini di stasiun Shin-Okubo di Tokyo, atau jika Anda tinggal jauh, Anda dapat membeli secara online. Toko Indonesia menyediakan pengiriman gratis jika Anda membeli barang dalam jumlah besar.

  • Ninomiya

Ninomiya merupakan perusahaan di Jepang yang menjual daging halal serta produk impor. Ada banyak makanan halal yang dapat Anda beli dari sana. Di website Ninomiya, Anda dapat melihat katalog dan juga informasi akses untuk mencapai toko tersebut.

  • Halal corner di LAOX-Akihabara

Halal corner di LAOX- Akihabara telah menjadi tempat populer untuk mecari makanan halal selama beberapa bulan. Ini adalah destinasi yang bagus untuk turis yang ingin membeli oleh-oleh.

2. Pelajari cara membaca bahannya

Ada beberapa makanan yang bisa diketahui halal atau haram hanya dengan membaca bahannya. Biasanya, berikut bahan-bahan yang perlu Anda waspadai:

  • Emulsifier (乳化剤 – nyuukazai)

Ini adalah bahan yang paling umum ditemukan dalam makanan dan minuman. Padahal tidak semua emulsifier itu haram. Yang berasal dari tanaman atau kedelai bisa dikonsumsi. Pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu.

  • Mentega(ショートニング – shōtoningu)

Biasanya ditemukan pada makanan ringan jenis roti atau biskuit. Mentega juga bisa berasal dari hewan atau tumbuhan. Jadi pastikan yang Anda makan adalah dari bahan nabati.

  • Gelatin (ゼ ラ チ ン – zerachin), lemak babi (ラ – ド – raado), minyak babi (豚 油 – ton’yu), minyak hewani (動物 油 -doubutsu abura)

Gelatin kebanyakan ditemukan dalam makanan ringan agar-agar, kadang-kadang dalam permen karet, dan bahkan pada roti. Bahan ini juga ditemukan dalam makanan penutup seperti es krim. Lemak babi biasanya terdapat pada produk kemasan, bahkan bungkil ikan terkadang mengandung lemak babi. Minyak babi jarang ditulis, biasanya istilah hewan digunakan sebagai gantinya. Jika minyak yang digunakan adalah minyak nabati (植物油 – shokubutsu abura) maka aman dikonsumsi.

  • Alkohol (ア ル コ ー ル)

Alkohol biasanya disebutkan dalam bahan minuman, dan juga saus

  • Sake, Mirin (酒, み り ん)

Banyak masakan Jepang dibuat dengan dua jenis cairan beralkohol ini. Mereka juga menggunakannya dalam makanan olahan meskipun setelah memasak dengan ini, alkohol biasanya menguap. Sebaiknya hindari jika Anda ingin ekstra hati-hati.

3. Temukan ulasan tentang makanan yang akan Anda beli

Jika Anda kesulitan membaca bahan-bahan dan menghafal katakana atau kanji, Anda juga bisa mengecek review makanan halal. Akses termudah ke review tersebut adalah dengan mengecek halaman facebook atau akun orang yang mereview produk halal, salah satunya adalah Halal Media Japan (HMJ).

HMJ juga memiliki aplikasi yang dapat Anda gunakan seperti “Halal Navi”. Anda tinggal mencari di toko aplikasi Anda dan mengunduhnya secara gratis. Ada juga situs web dengan banyak informasi tentang restoran halal yang lezat serta masjid dan ruang sholat.

Terkadang, Anda juga dapat mengirim pesan langsung ke akun yang disebutkan di atas dan meminta mereka untuk membantu Anda memeriksa makanan dan minuman Anda. Mereka akan berusaha menelepon atau menulis ke pusat layanan pelanggan untuk Anda. Informasi yang Anda temukan juga akan berharga bagi umat muslim lainnya, jadi berbagilah jika Anda bisa!

Itulah beberapa cara menemukan makanan halal di Jepang yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini dapat membuat aktivitas liburan Anda di Jepang menjadi lebih nyaman. Apabila Anda tidak ingin repot soal makanan, maka Anda dapat memilih paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata. Ini karena, mereka akan mempersiakan makanan hingga penginapan yang sesuai dengan keinginan Anda.