Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog

Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog – Hal yang paling mengecewakan ialah, jika artikel konten dicuri oleh orang. Padahal, blogger membuatnya dengan susah payah. Namun tidak perlu khawatir. Sebab, cara mengetahui pencuri konten artikel blog sangat mudah. 

Silakan cara ini dicoba, jika dirasa masalah sudah parah. Setelah itu, lanjutkan dengan pelaporan ke Google. Supaya si pencuri kena penalti atau dibanned dari internet. Berikut caranya, yaitu:

1. Lakukan Pencarian Menggunakan Judul Artikel

Cara yang pertama ialah lakukan pencarian menggunakan judul artikel yang lengkap. Tidak lupa, apit judul tersebut dengan dua tanda petik. Setelah itu, ketik di Google pencarian lalu enter. Pastinya, kalau ada yang mencuri, artikel sesuai judul akan muncul di halamannya.

Jika ketemu silakan klik situs tersebut, periksa apakah artikelnya sama persis. Jika terbukti plagiat, langsung laporkan ke Google.

2. Deteksi Pencuri Artikel Menggunakan Kalimat Berisi Keyword

Langkah untuk mengetahui artikel dicuri selanjutnya ialah gunakan kalimat yang berisi keyword atau kata kunci. Caranya, silakan copy kalimat tersebut di Google Search lalu tekan Enter.

Nantinya, akan muncul beberapa situs yang memuat artikel dengan kalimat serupa. Bukan tidak mungkin, diantara situs tersebut justru ada yang plagiat artikel secara penuh. Jika ditemukan, silakan tegur dan katakan kalau artikel tersebut milik Anda. Minta agar segera dihapus atau akan dilaporkan kepada pihak Google.

3. Meminta Bantuan Operator Sistem Intitle

Ada lagi cara yang bagus untuk mengetahui artikel dicuri atau tidak. Tips ini senyatanya meminta bantuan operator sistem untuk ikut melakukan pencarian. Caranya ialah, silakan buka browser. Selanjutnya ketikkan “intitle” dan titik dua (:). Akhiri dengan menulis judul artikel secara lengkap lalu tekan enter.

Demikian Tutorial Blog cara mengetahui pencuri artikel blog. Silakan gunakan, jika dirasa kaum plagiat ini sudah sangat parah dan merugikan. Sekalipun hanya persoalan karya tulis yang terdiri dari ratusan kata saja, tetap hak cipta tetap harus dihargai. Apalagi, untuk menghasilkan satu karya artikel dibutuhkan tenaga dan pikiran yang tidak ringan.