Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Cara Menghilangkan Virus di Laptop sebenarnya bisa dibilang susah susah gampang asalkan tahu bagaimana caranya pastinya mudah. Tapi jika tidak tahu bagaimana caranya pasti hal ini akan menyulitkan bukan.

Maka dari itu kami sudah mengulas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan virus di laptop.

Gunakan Command Prompt

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt, cara ini memungkinkan akan menghilangkan virus tanpa menggunakan aplikasi anti virus. Berikut ini adalah cara menghilangkan virus di laptop dengan menggunakan Command Prompt.

  1. Langkah pertama adalah dengan mengklik Start dan ketik cmd, apabila sudah kamu dapat klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator sehingga Run as administrator.   
  2. Contohnya jika file yang ingin kamu tuju adalah drive D maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d kemudian tekan enter, apabila kamu ingin memeriksa drive selain D tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive lain yang ingin kamu periksa.
  3. Kemudian command prompt akan segera mengeksplorasi drive yang dipilih kemudian memuat semua file di drive tersebut.
  4. Lalu cari file yang menurut kamu asing, biasanya menggunakan format .EXE, hapus file ini melalui command prompt ini.
  5. Apabila tidak bisa dihapus maka kamu bisa search melalui Run dan kemudian hapus file tersebut, kamu juga bisa menggunakan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > lalu masukkan nama file virus yang kamu temukan di command prompt, kemudian hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.

2. Melalui Task Manager

Untuk menggunakan cara ini, sebelumnya kamu harus mematikan layanan mencurigakan dari task manager untuk kemudian kamu bisa mengecek adanya virus menggunakan task manager. Cara ini juga tidak membutuhkan aplikasi anti virus loh. begini cara menghilangkan virus dengan menggunakan task manager.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Coba lihat apabila ada layanan yang mencurigakan maka kamu bisa segera mematikannya.
  2. Lalu jalankan MSConfi.
  3. Kemudian masuk ke System Configuration, coba masuklah ke opsi Service dan kamu harus menghapus semua kolom centang yang mencurigakan misalnya saja aplikasi yang tidak pernah kamu install terdapat di laptop mu maka kamu harus menghapusnya.
  4. Kemudian masuk ke Startup dan kamu akan melihat file yang mencurigakan dan tandai file yang mencurigakan tersebut.
  5. Lalu buka command prompt lalu cari file dengan nama yang mencurigakan tersebut untuk menghapusnya melalui CMD caranya seperti cara yang pertama.