Bagaimana Cara Mengurangi Sampah Plastik? Beginilah Caranya!

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Untuk mengurangi sampah plastik ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan dari rumah. Dengan mulai memperhatikan penggunaan plastik yang tepat, Anda dapat membantu dan melindungi bumi tercinta. Berikut ini adalah cara-cara untuk mencoba mengurangi penggunaan plastik dan contoh daur ulang yang dapat dilakukan dengan mudah:

1. Jangan Gunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik memiliki kontribusi penting terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik, kamu bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang kamu hasilkan. Jika masih ingin menggunakan sedotan maka gunakan sedotan stainless yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

2. Bawa Tas Belanja Sendiri

Belanja kantong plastik juga menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar yang tersebar di mana-mana. Kantong belanja plastik umumnya hanya dapat digunakan beberapa kali dan akhirnya perlu dibuang. Agar tidak berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan tas belanja kain sendiri. Kecuali kamu dapat membersihkannya sendiri, tas kain pasti lebih kuat dan juga bisa dipakai berulang kali.

3. Miliki dan Bawa Botol Minum Sendiri

Jika kamu senang makan di luar, kamu dapat mengurangi penggunaan botol ataupun gelas plastik dengan menggunakan botol minum sendiri. Bawalah botol yang terbuat dari aluminium agar Anda bisa minum air dingin atau panas dan tahan lama untuk disimpan.

Jangan Lupa Mampir Ke Website Utama Kami : RumahMesin

4. Biasakan memasak sendiri di rumah

Siapa sangka memasak masakan sendiri di rumah dapat mengurangi penggunaan plastik. Ruang makan yang disediakan oleh restoran umumnya terbuat dari plastik HDPE. Agar bisa mengurangi penggunaan plastik, kamu bisa belajar memasak makanan sendiri tanpa harus makan di luar.

5. Beli Barang dalam Paket Lebih Tahan Lama

Dengan menggantikan bahan makanan dengan ukuran yang lebih besar, kamu dapat menghemat plastik pembungkus barang- barang tersebut. Jika Anda biasanya membutuhkan 2 deterjen kecil dalam dua bulan, maka Anda dapat mengganti 1 deterjen besar dengan masa pakai yang lebih lama.

6. Batasi Penggunaan Microbad

Ada sejumlah bahan dan produk kecantikan yang digunakan dalam mikroba. Microbads yaitu adalah partikel kecil yang terbuat dari bahan plastik. Jika dibawa ke dalam air dalam jumlah besar, ada kemungkinan hewan tersebut menggunakan mikroba secara tidak sengaja.

7. Pilih Ice Cream Cone dari Ice Cream Cup

Gelas es krim biasanya menggunakan wadah plastik sebagai tempat meletakkan es krim. Dengan memilih es krim cone, kamu dapat menghindari wadah plastik yang cuman bisa dipakai sekali.

Baca Juga : Mesin Pencacah Plastik

8. Jangan mengunyah permen karet

Seperti namanya, permen karet tidak mudah roboh meski terkubur di dalam tanah. Permen karet perlu diproses agar terurai dan lebih aman bagi lingkungan. Produk limbah permen karet mungkin secara tidak sengaja dimakan oleh hewan dan mati tercekik.

9. Batasi Penggunaan Plastik dalam Kemasan Pembungkus

Sekarang pengiriman paket sudah menjadi hal yang lumrah. Anda dapat mengganti plastik sebagai media pembungkus dengan memakai karton ataupun kardus sebagai alternatif. Lapisi kardus dengan rapat agar tidak tembus dan masuk air.

10. Menggunakan Bahan yang Dapat Digunakan Kembali

Setelah Anda menghabiskan botol sampo Anda, jangan membuangnya dan beli saja sampo isi ulang dan isi ulang di botol yang kedaluwarsa.

itu dia Bagaimana Cara Mengurangi Sampah Plastik? Beginilah Caranya! semoga bermanfaat untuk kita semua yaa