Cara Untuk Menggerakkan Jam Tangan Otomatis

Jam tangan otomatis atau jam tangan mekanik merupakan jenis jam tangan yang bergerak secara otomatis dengan menggunakan putaran rotor. Jenis jam tangan otomatis ini merupakan salah satu jenis jam tangan yang mulai populer kembali beberapa tahun belakangan. Banyak merk jam tangan ternama yang juga memiliki koleksi jam tangan otomatis seperti jam tangan Casio, Rolex, dan Tag Heuer.

Keunikan dari jam tangan otomatis adalah jam tangan ini tidak membutuhkan baterai sebagai sumber energi penggerak jam nya. Sumber energi yang digunakan untuk menggerakkan jam tangan otomatis adalah suatu mekanisme tertentu yang bekerja ketika pengguna menggerakkan lengannya. Dengan itu, mesin jam tangan akan menyimpan energi yang bisa digunakan untuk membuat jam tangan bekerja sebagaimana mestinya.

Berdasarkan definisi tersebut, jam tangan otomatis memang tidak harus selalu digerakkan setiap harinya agar tetap bisa berfungsi. Namun, pengguna perlu menggerakkan jam tangan secara rutin agar keakuratan jam tangan tetap terjaga dan masa pakainya bisa lebih lama. Berikut adalah cara untuk menggerakkan jam tangan otomatis yang bisa dilakukan terutama bagi para pemilik pemula:

Pakai Jam Tangan Lalu Gerakkan Lengan

Hal pertama yang dilakukan untuk menggerakkan jam tangan otomatis adalah memakai jam tangan pada lengan lalu gerakkan. Tujuannya adalah untuk menggerakkan pemberat logam pada mesin jam tangan otomatis yang merupakan sumber energi utama dari jam tangan otomatis. Ketika lengan digerakkan, maka pemberat logam tersebut akan bekerja dan energi yang dihasilkan bisa disimpan sebagai penggerak jam tangan otomatis.

Temukan Bagian Mahkota Jam Tangan

Kedua, cari dan temukan bagian mahkota jam tangan yang biasanya ada di bagian samping bezel dari jam tangan otomatis. Mahkota ini berfungsi sebagai tombol penggerak jam tangan otomatis sekaligus sebagai tombol untuk mengatur waktu dan tanggal. Untuk menggerakkan jam tangan, posisi mahkota harus didorong sepenuhnya ke dalam agar jam tangan berfungsi seperti biasanya.

Putar Mahkota Jam Searah Jarum Jam

Ketiga, putar mahkota jam dengan mengikuti arah yang sama dengan jarum jam untuk mempertahankan kekencangan per di dalam jam. Langkah tersebut harus dilakukan dengan halus dan diputar dari bawah menuju ke arah angka 12 di jam tangan. Putaran harus dilakukan setidaknya 30 hingga 40 kali agar mesin tetap kencang dan jam tangan menjadi lebih awet.

Atur Waktu Dengan Memajukannya

Saat menggerakkan jam tangan otomatis, bisa jadi tanpa sengaja jarum jam bergerak sedikit ketika mahkota ditarik secara penuh. Seandainya hal tersebut terjadi, maka yang harus dilakukan adalah memajukan jarum jam agar waktu yang ditunjukkan benar dan tepat kembali. Semua jenis jam tangan dirancang dengan memajukan jarumnya agar bisa mempertahankan mekanisme jam sesuai dengan rancangan jam tangan.

Dorong dan Pastikan Mahkotanya Masuk Sepenuhnya

Setelah diatur waktunya, selanjutnya dorong mahkota jam tangan otomatis sepenuhnya dan pastikan mahkotanya benar-benar masuk sepenuhnya. Ini dilakukan untuk mencegah jam tangan tiba-tiba mati karena mahkota penggeraknya tidak sepenuhnya pada posisi yang benar. Jepit mahkota dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol tangan untuk mengencangkan mahkota agar masuk sepenuhnya.

Bandingkan Waktu Dengan Jam Lainnya

Langkah terakhir adalah bandingkan waktu yang ditunjukkan pada jam tangan otomatis yang sudah diatur dengan jam tangan lainnya. Jika saat dibandingkan ternyata masih merasa belum bekerja dengan baik, maka perlu dibawa ke toko jam tangan. Disana, jam tangan akan diuji dan diukur serta dicari tahu apakah jam tersebut dalam kondisi baik atau memerlukan perbaikan.