Contoh Teks Editorial Lingkunagn dan Sosial

Apa yang dimaksud dengan teks editorial / opini / editorial? Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang tentang masalah atau masalah nyata. Masalah yang diangkat termasuk contoh teks editorial tentang sampah, contoh teks editorial tentang pendidikan dan sebagainya.

Karena dalam artikel ini kita membahas contoh teks editorial / opini dan strukturnya, kita harus tahu sebelumnya struktur teks / opini editorial sebagai berikut.
-Pernyataan pendapat (tesis): perspektif penulis pada pertanyaan yang diajukan.
-Argumen: bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat skripsi.
-Pengulangan: memperkuat pernyataan pendapat.

Selanjutnya https://materibelajar.co.id/ akan menyajikan kumpulan teks editorial pendek dan lebih baru yang mencakup contoh teks editorial di lingkungan sekolah, dam juga contoh teks editorial tentang masalah sosial.

Contoh Teks Editorisl Tentang Lingkungan

Judul : Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

Pernyataan pendapat
Lingkungan adalah sesuatu yang mengelilingi makhluk hidup. Lingkungan adalah rumah bagi semua makhluk hidup. Melestarikan lingkungan adalah persyaratan yang bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab kita semua.

Setiap orang harus berusaha menyelamatkan lingkungan sekitarnya. Misalnya, di sekolah, semua warga negara harus menjaga lingkungan agar mereka dapat bekerja dengan nyaman. Salah satu pelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihan.

argumentasi
Menjaga kebersihan lingkungan sangat berguna karena lingkungan yang bersih menciptakan kehidupan yang aman, sehat dan segar. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Sedangkan di sekolah, lingkungan yang bersih dapat mendorong antusiasme siswa untuk belajar dan juga bisa menjadi ciri khas sekolah.

Untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan nyaman, diperlukan langkah-langkah konkret untuk melestarikan lingkungan seperti: membersihkan dan melestarikan lingkungan sekolah, membuat daftar piket kebersihan kelas, mengembangkan cinta dan perhatian siswa terhadap lingkungan sekolah melalui lingkungan. kompetisi peduli, seperti kompetisi yang jelas antara kelas atau berbagai kreasi lainnya.

Selain itu, juga perlu untuk melakukan kegiatan sekolah yang ramah lingkungan dan berbudaya sebagai apotek hidup, melakukan kegiatan hemat energi, melakukan kegiatan 3R (penggunaan kembali, pengurangan, daur ulang) dan melakukan perjalanan atau studi banding untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan dan konservasi lingkungan. lingkungan sekolah.

Penegasan kembali pendapat
Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan siswa untuk tetap bersih. Secara keseluruhan, kebersihan dan keindahan sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga di lingkungan sekolah.

Akhirnya, diharapkan siswa yang cerdas, terampil, dan sadar lingkungan akan dilahirkan dan mampu menerapkan sikap cinta dan peduli terhadap lingkungan baik di sekolah maupun di masyarakat.

Contoh teks editorial di media sosial

Judul: Perkembangan KPOP di Indonesia

Pernyataan pendapat
Perkembangan K-POP di Indonesia sangat pesat terutama di kalangan remaja, khususnya wanita yang disebut gelombang Korea. Tidak hanya remaja yang bahagia, tetapi bahkan anak-anak dari sekolah dasar hingga orang tua sudah akrab dengan budaya K-POP.

Kebanyakan dari mereka terlalu berlebihan dalam mencintai budaya Korea, sampai ada orang yang tidak mengenal budaya asli Indonesia atau budaya tradisional dari mana mereka berasal.

argumentasi
Masuknya K-POP ke Indonesia dimulai dengan munculnya beberapa serial drama Korea yang disiarkan oleh televisi Indonesia. Dari sana, orang-orang Indonesia mulai bertemu dengan beberapa artis Korea dan menjadi tertarik untuk belajar lebih banyak tentang Korea dan musik mereka.

Lebih jauh, soundtrack drama ini membuat orang Indonesia tertarik pada K-POP. Sejauh ini, ada banyak orang Indonesia yang lebih mencintai budaya Korea daripada budaya Indonesia, alasannya mungkin karena orang Indonesia kurang peduli tentang pentingnya mencintai budaya nasional.

Sudah ada banyak bukti dari siswa sekolah dasar: siswa sukarela untuk melihat artis Korea, seperti menonton klip video di Youtube. Banyak K-POP juga menjadi histeris ketika mereka melihat posting idola mereka.

Meskipun waktu luang dapat dilakukan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti belajar atau menonton video yang bermanfaat yang menambah pengetahuan berita Indonesia.

Kebanyakan pecinta K-POP akan terlihat seperti artis yang mereka idolakan. Gelombang Korea di sisi lain memiliki dampak negatif pada pasien. Tidak hanya dengan mengeringkan tetapi juga membuang-buang waktu dan, tentu saja, uang habis karena cinta idola Korea mereka.

Penegasan kembali pendapat
Karena munculnya gelombang Korea di Indonesia, banyak orang Indonesia lebih akrab dengan budaya Korea daripada budaya asli kita tercinta atau seni yang diproduksi oleh seniman Indonesia.

Sumber : http:// https://materibelajar.co.id/teks-editorial/