Deteksi Lebih Lanjut, 6 Kunci Masalah AC Rumah Tidak Dingin

AC tidak dingin

Hidup di tengah kota yang sangat panas memang butuh yang namanya alat pendingin ruangan, entah itu kipas atau AC.Tapi, mengingat saat ini kinerja AC lebih optimal dari kipas, banyak orang yang lebih mengutamakan AC daripada kipas.

Manfaatnya memang luar biasa, tapi jika terjadi kendala bingungnya luar biasa juga.Akan timbul berbagai macam tragedi kepanasan yang tidak menyenangkan jika AC pada rumah atau ruangan lain tidak dingin.

Agar bisa menangani dengan jelas, akan lebih baik jika diketahui lebih dahulu apa kunci masalah AC rumah tidak dingin.Dan Anda bisa mendapatkan penjelasannya di ulasan ini.

6 Kunci Masalah AC Rumah Tidak Dingin

  • Settingan Termostrat Tidak Sesuai
settingan termostrat tidak sesuai

Memang masalah seperti ini terkesan sepele dan sering terjadi, ini akibat dari ketidak telitian dalam menyetting suhu pada AC.Pastikan suhu yang disetting lebih rendah dari suhu yang ada pada ruangan tersebut.

Atur mode AC pada auto atau cool, selain itu jika ingin mendapatkan kesejukan yang lebih terasa lagi, Anda bisa memaksimalkan level kipas pada AC.

  • Filter Dan Kondesor AC Jarang Di Bersihkan
filter ac kotor

Fungsi filter adalah untuk menyaring udara kotor yang ada pada AC, dan otomatis penyaringan tersebut akan membuat kotoran menumpuk pada filter AC.

Dan apabila filter tersebut jarang Anda bersihkan, udara yang keluar dari AC tidak maksimal karena tersumbat.Untuk mengatasinya Anda diharuskan untuk membersihkan filter tersebut, agar udara pada AC kembali lancar dan maksimal.

Selain filter Anda juga harus memperhatikan kondesor yang berada di luar ruangan, jangan sampai benda ini juga kotor karena hal tersebut akan membuat pendinginan tidak maksimal.

Jadi jangan lupa untuk membersihkan kedua benda tersebut secara berkala.

  • Freon Pada AC Habis
freon pada ac habis

Freon memiliki fungsi utama untuk mendinginkan ruangan karena freon ini adalah gas yang mengandung senyawa hydrogen, kloroin, serta bromin.Dan apabila terjadi sebuah masalah pada Freon ini seperti habis atau bocor, bisa membuat AC tidak dingin.

Dampak yang terjadi apabila terjadi kebocoran pada Freon AC adalah bisa membuat kesehatan dalam tubuh terganggu karena gas yang dihasilkan dari Freon tersebut.

Untuk mengantisipasinya kenali tanda-tanda Freon yang bocor seperti adanya pembekuan berupa es pada pipa AC, AC yang bocor, atau bisa juga akan tibul suara yang mendesis karena kebocoran.

Jika sudah seperti itu, penting untuk segera  memperbaiki pipa tersebut setelah itu lakukan pengisian ulang pada Freon.

  • Kipas Pada AC Indoor Atau Outdoor Tidak Berfungsi
kipas ac

Kipas pada indoor AC berfungsi untuk menghasilkan udara yang dingin, sedangkan kipas pada outdoor berfungsi untuk mengeluarkan udara yang panas.Kedua benda ini harus saling berfungsi dengan baik jika ingin menghasilkan udara dingin yang maksimal.

Untuk itu pastikan bahwa kedua kipas ini berfungsi dengan baik.Jika terjadi masalah serius pada kipas tersebut segera untuk mengatasinya atau Anda bisa memanggil jasa service untuk memperbaikinya.

  • Luas Ruangan Dan Ukuran AC Tidak Sepadan
luas ruangan ber-ac

Hal yang biasanya disepelekan adalah mengenai ukuran AC dengan luas ruangan.Jika Anda menempatkan AC yang kapasitasnya tidak sesuai untuk ruangan Anda yang luas, tentu saja dinginnya AC tidak akan merata keseluruh ruangan Anda dan ruangan Anda akan tetap saja terasa panas.

Untuk itu, sebelum Anda membeli AC akan lebih baik jika Anda mengetahui berapa ukuran ruangan Anda terlebih dahulu.Jika sudah seperti itu, akan lebih mudah lagi bagi Anda memilih AC yang sesuai.

  • Kondisi Ruangan Terbuka
ruangan terbuka

Masalah yang ini pasti juga sering diabaikan, jika menginginkan AC dingin ke seluruh ruangan dengan optimal, maka pastikan kondisi ruangan tersebut tidak terbuka.

Cek jendela dan pintu, jika masih terbuka itu akan mengakibatkan pendinginan pada AC tidak optimal, dan bisa saja udara yang keluar dari AC akan keluar ke luar ruangan melalui jendela atau pintu yang terbuka.

Selain itu, agar pendinginan AC lebih optimal, jangan sampai AC terpapar oleh sinar matahari langsung, karena hal ini dapat membuat ruangan yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih panas dan kinerja AC dapat terganggu.

Sebenarnya masih ada banyak lagi masalah-masalah yang ada pada AC misalnya saja tegangan listrik yang tidak stabil atau ada masalah internal lain yang ada dalam AC.

Jika semisal masalah pada AC sudah serius dan tidak memungkinkan untuk Anda memperbaikinya sendiri segera panggil jasa service.Saat ini banyak jasa service dan perbaikan AC di Jakarta atau daerah kota-kota lainnya.

Segera lakukan langkah yang tepat untuk mengoptimalkan kembali AC Anda.

Semoga Bermanfaat.