Fungsi VPS (Virtual Private Server) Untuk Website

Virtual Private Server atau VPS menjadi jawaban bagi website-website yang memiliki jumlah kunjungan atau traffic yang banyak dan memerlukan kapasitas yang besar. Salah satu fungsi VPS server ini bisa memberikan solusi dari kebutuhan “ruang” server yang cukup besar bagi website usaha atau bisnis yang dengan kebutuhan kapasitas yang besar.

Bagi sebuah perusahaan besar tentu kebutuhannya bukan hanya bukan sekedar resource serta taktik dan strategi marketing yang handal saja agar dapat mengundang lebih banyak orang berkunjung ke website. Terdapat kebutuhan penting lainnya yang senantiasa harus diperhatikan yaitu server.

Membahas tentang server, sebagai informasi terdapat tiga jenis server dan hosting yang paling sering digunakan. Yakni Shared Hosting, Dedicated Server, dan Virtual Private Server atau VPS.

Bahasan fokus kali ini adalah mengupas fungsi VPS untuk website. Berikut penjelasannya:

Kelebihan VPS

Ketika Anda memilih VPS, Anda akan mendapatkan RAM serta kapasitas disk sendiri. Yang berfungsi agar performa pada server menjadi jauh lebih baik daripada menggunakan jenis lainnya seperti shared hosting.

Pada shared hosting masih memakai processing capacity atau CPU yang sama dengan website lain. Hal ini menjadi kekurangan tersendiri bila website Anda konsisten dan terus mendapatkan traffic yang tinggi. Resiko adanya down dan masalah karena kecepatan performa akan lebih bergantung pada RAM dan disk dari server. 

Hal inilah yang akhirnya menjadikan VPS paling tepat digunakan untuk website dengan trafik besar namun belum siap menggunakan Dedicated Server yang harganya cukup lumayan lebih tinggi. 

Selain itu, pastikan Untuk memilih layanan hosting VPS dari perusahaan server hosting yang terkenal dan dapat diandalkan. Dengan paket hosting server VPS Murah terbaik dari Hostnic Anda akan dapat meningkatkan performa website dengan cepat. Tersedia berbagai paket VPS dengan harga termurah dikelasnya dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.