Gunakan Keigo Saat Belajar Bahasa Jepang di Awal

Jika anda masih berpikir bahwa Indonesia adalah Negara tersopan di dunia, coba dulu pergi ke Jepang. Tanpa merendahkan Negara sendiri, Indonesia dulu memang mendapatkan gelar tersebut, tetapi sekarang hanya berada di 10 terbesar. Salah satu yang menjadi sorotan utama adalah Negara Jepang.

Saya pernah tinggal di Jepang setidaknya selama 5 tahun dan mengerti betul bagaimana tingkat kesopanan di Negara tersebut. Sekarang Indonesia lebih banyak perang di dunia maya dari para netizen dengan bahasa yang kurang begitu bagus. Di Jepang, para netizen masih mampu membatasi bahasa dan obrolan mereka.

Belajar Bahasa Jepang

Artinya, saat anda menginjakkan kaki ke Jepang, alangkah baiknya untuk bisa menjaga rasa sopan tersebut di depan orang Jepang, demi menjaga gelar “Negara sopan” yang dimiliki Indonesia saat ini.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan belajar bahasa Jepang secara formal. Perlu diperhatikan bahwa terdapat bahasa Jepang yang memiliki logat slang, dimana diantaranya sangatlah kasar dan tidak pantas diucapkan kepada orang yang belum akrab.

Lain lagi jika anda telah akrab dengan mereka. Tetapi bagi anda yang tengah memulai interaksi dengan orang Jepang, perlu menggunakan bahasa Keigo. Keigo adalah bahasa formal dan tersopan yang bisa anda gunakan.

Beberapa tempat kursusan atau LPK juga pastinya memberikan materi keigo ini sebelum masuk ke pembahasan bahasa slang. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi adalah kelas online Weihome Gakuen, yaitu sebuah sekolah bahasa Jepang yang bisa kamu akses di internet secara gratis.

Di sana, anda akan belajar bahasa Jepang secara bertahap dan formal. Ditambah lagi anda akan belajar cara berbicara bahasa Jepang slang dan logat kansai. Dengan begitu anda akan mengetahui perbedaan bahasa tersebut, dan bisa memiliki pertimbangan bahasa mana yang akan anda gunakan.

Dengan memiliki kemampuan tersebut, anda akan bisa menempatkan diri terhadap situasi. Kepada siapa anda akan menggunakan bahasa formal, dan kepada siapa anda akan menggunakan bahasa santai. Well, bahasa Jepang memang sangat menarik untuk dipelajari bukan? Terlebih jika anda telah bisa berinteraksi dengan orang Jepang.