Jam Tangan Ikonik Dari Beberapa Film Sukses

Dalam sebuah film, wardrobe biasanya berperan sebagai penunjang penampilan para artis yang bermain. Wardrobe dalam dunia film memiliki arti kostum atau pakaian yang dipakai oleh para artis yang bertujuan untuk memaksimalkan penggambaran tokoh yang diperankan oleh artis yang bersangkutan. Selain itu, penggunaan wardrobe juga harus disesuaikan dengan adegan yang berlangsung di dalam film agar memberikan kesan yang nyata sesuai dengan naskah film.

Wardrobe sendiri merupakan seluruh pakaian termasuk aksesoris yang digunakan oleh artis selama menjalani perannya dalam suatu film. Selain itu, wardrobe juga berperan sebagai pesan tersembunyi dari sponsor untuk mempromosikan produknya. Sebegitu pentingnya wardrobe, banyak brand membayar cukup besar agar produknya bisa muncul dalam film.

Beberapa wardrobe khususnya jam tangan sukses dengan mempromosikan produknya dalam film. Bahkan beberapa jam tangan berhasil menjadi gadget ikonik yang melekat dengan film tertentu. Salah satu contoh adalah dalam film James Bond, dimana koleksi jam tangan yang dipakai oleh tokoh pemeran James Bond selalu disemat oleh brand jam tangan terkenal yang membuatnya menjadi sangat ikonik dan juga eksklusif.

Selain dari film James Bond, ternyata ada beberapa jam tangan yang ikonik dengan film, berikut beberapa diantaranya:

1. Reverso Grande Taille (Batman Begins, 2005)

Salah satu karakter yang sangat identik dengan jam tangan selain James Bond adalah Bruce Wayne. Bruce Wayne dalam cerita komiknya merupakan alter-ego dari salah satu tokoh komik dan superhero yang terkenal, Batman. Dalam film Batman Begin, Bruce Wayne yang diperankan Christian Bale memakai jam tangan dari Jaeger-Lecoultre yaitu Reverso Grande Taille. Bukan hal mengejutkan mengingat Val Kilmer yang memerankan Bruce Wayne di Batman Forever juga mengenakan varian dari Reverso.

2. Casio CA53W Twincept Databank (Back to the Future, 1985)

Film Back to the Future menampilkan cukup banyak gadget yang benar benar menjadi kenyataan di masa sekarang. Sebut saja teknologi video call, teknologi tv layar datar, hingga pembayaran online, semua telah disajikan dalam film Back to the Future. Selain hal tersebut, salah satu yang menjadi sangat ikonik yaitu jam tangan Casio CA53W Twincept Databank. Jam tangan Casio tersebut yang dipakai Marty McFly yang diperankan oleh Michael J. Fox dengan kesan klasiknya yang ikonik.

3. Hamilton Ventura XXL (Men in Black, 1997)

Jam ini sebelumnya dirilis pada 1957 dan sempat populer karena menjadi kesayangan sang Raja Pop, Elvis Presley ketika masih muda. Dalam versi barunya, jam tangan Hamilton ini dibuat lebih lebar dan lebih berbentuk segitiga dibandingkan versi lamanya. Desain tersebut semakin menegaskan konsep futuristik dari jam tangan tersebut. Will Smith dan Tommy Lee Jones tampil lebih meyakinkan dengan versi terbaru Hamilton Ventura XXL dalam Men in Black.

4. Omega Seamaster Planet Ocean 600M 42MM (Skyfall, 2012)

Film yang berkisah tentang petualangan agen rahasia dengan kode James Bond 007 ini merupakan rangkaian seri film terpanjang dalam sejarah perfilman. Dalam film, karakter James Bond sangat lekat dengan perlatan spionase canggih mulai dari mobil hingga jam tangan. Berbagai macam merk jam tangan mulai dari Rolex hingga Seiko sebelumnya lekat dengan karakter flamboyan ini. Kemudian mulai film GoldenEye, Omega Seamaster menjalin kontrak eksklusif sebagai gadget resmi hingga saat ini. Salah satu yang cukup ikonik adalah Daniel Crieg yang berperan sebagai James Bond dengan menggunakan Omega Seamaster Planet Ocean 600M 42MM.