Kedung Tumpang: Sensasi Berenang Diatas Tebing

Keindahan alam yang berada di Jawa Timur memang tidak ada habisnya, baik gunung, goa, hingga pantainya pun masih belum banyak dieksplor oleh wisatawan. Membicarakan pantai yang ada di Jawa Timur, pantai yang sangat indah yang baru baru ini booming adalah Pantai Kedung Tumpang.

pantai-kedung-tumpang

Kedung Tumpang memiliki arti yaitu kolam yang menumpang, dikarenakan posisinya berada diatas tebing yang menumpang.  Pantai Kedung Tumpang memiliki gugusan tebing karang yang membentang luas disisi barat pantai Blabak dan sisi Timur Pantai Globok. Jangan harap saat berkunjung kemari anda menemukan hamparan pasir yang luas, karena di pantai ini tidak ada pasir seperti yang terdapat  di pantai pantai lainnya. Pantai ini lebih tepat disebut laguna, karena dibentuk dari karang yang tergerus oleh ombak.  Sehingga terbentuk cekungan alami yang terisi oleh air laut.  Bentuk yang indah dengan beningnya air akan membuat para wisatawan seperti berenang dalam kolam pribadi yang menghadap langsung ke laut.

Pinggiran karang yang diselimuti warna  hijau dengan pantulan air yang berwarna biru sangat menggoda untuk berenang., Untuk anda yang berenang akan mendapati biota laut yang ada disini. Pantai kedung Tumpang memiliki ombak yang besar dikarenakan langsung menghadap ke laut selatan. Saat air laut yang  sedang pasang memang tidak diperbolehkan untuk berenang, namun anda tidak perlu khawatir. Pengelolah pantai ini telah menyiapkan gardu pandang, sehingga anda dapat melihat pemandangan laut dari atas.  

Harga tiket untuk masuk ke pantai ini cukup murah dan dapat dijangkau oleh siapapun. Harga tiketnya yaitu Rp 5.000,- saja, namun untuk anda yang sedang beruntung anda dapat memasuki kawasan tempat ini dengan gratis. Untuk biaya parkirnya Rp 3.000,- untuk motor dan Rp. 5000,- untuk mobil.  Untuk rutenya anda dapat mengikuti jalan Pesantren dan kemudian melanjutkan perjalanan  menuju jalan kalidawir. gunakan travel malang tulungagung bila anda berangkat dari Kota Malang.

Perjalanan masih sejauh 1,5 km akan menuju jalan Demuk, dan lalau akan  mendapai lintasan terjal yang menanjak serta berkelok kelok.  Seperti pantai yang baru baru lainnya, fasilitas di sekitar pantai kedung tumpang belum cukup lengkap. Disana baru tersedia beberapa warung makanan dan minuman hanya untuk sekedar menghilangkan lapar dan dahaga. Serta toilet pun masih menumpang pada warung warung penduduk.