Keunggulan Perusahaan Unicorn Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui

Pada dasarnya, masih banyak masyarakat kita yang masih merasa asing dengan istilah unicorn. Di era yang serba digital seperti sekarang, kini perusahaan unicorn mulai banyak dikenal masyarakat karena manfaatnya yang begitu besar.

Sebut saja beberapa perusahaan besar unicorn Indonesia seperti, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Ya, ketiga unicorn asli lokal ini memiliki peranan yang sangat penting di era digital.

Ada perusahaan yang diatasnya unicorn, yaitu decacorn. Di Indonesia perusahaan yang memiliki status Decacorn adalah Go-Jek.

Keunggulan Perusahaan Unicorn

Lantas, seperti apa sajakah keunggulan yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan perusahaan unicorn, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Keunggulan pertama dari perusahaan unicorn yang harus kalian ketahui, yakni dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Misalnya seperti perusahaan Go-Jek, yang membuka lowongan kerja driver. Menurut informasi yang didapat, pada awal pembukaan lowongannya saja sudah tercatat lebih dari 2 juta orang yang bergabung untuk menjadi driver di Go-Jek. 

Begitu juga dengan Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, dimana kehadiran para e-commerce ini telah menciptakan lapangan kerja dalam skala besar. “Dalam Sembilan tahun terakhir ada 5 juta orang yang bergabung dengan Tokopedia, membangun dan mengembangkan bisnis mereka,” ujar William Tanujwijaya selaku CEO Tokopedia. 

2. Membantu UMKM

Selain menciptakan lapangan pekerjaan, ternyata manfaat dari perusahaan unicorn juga sangat dirasakan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Misalnya saja pada teknologi Bukalapak dan Tokopedia, yang menjadi jembatan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Melalui situs e-commerece, para konsumen pun dapat membeli produk UMKM yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal itu juga berlaku bagi perusahaan Go-Jek melalui layanan Go-Food, dimana para konsumen dapat memesan makanan dari warung maupun toko UMKM melalui ponselnya.

3. Suntikan Dana Yang Sangat Besar

Perusahaan unicorn di Indonesia ini mempunyai daya tarik dari segi bisnis jangka panjang, sehingga membuat para investor tergiur untuk menggelontorkan dana segar hingga berjumlah triliunan rupiah lho.

Ya, seperti halnya perusahaan Tokopedia, yang dikabarkan telah mendapatkan suntikan dana segar sebesar 1,1 miliar dollar AS atau yang setara dengan Rp 16 triliun pada Desember 2018 lalu. Menurut informasi yang didapat, suntikan dana fantastis yang masuk ke Tokopedia itu berasal dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. 

Selain Tokopedia, Go-Jek juga mendapat suntikan dana segar dari Google, JD, Tencent, Mitsubishi Corporation, dan Provident Capital. Dikutip dari laporan TrechCrunch, yang menyebutkan bahwa nilai investasi yang diterima oleh Go-Jek pada seri F ini mencapai 920 juta dollar AS (Rp 13 triliun). 

Begitu pun dengan Traveloka yang tercatat telah mendapatkan 500 juta dollar AS dari empat kali putaran pendanaan sejak 12 November 2012 silam lalu. Sedangkan putaran pendanaan terakhir yang dilakukan oleh Traveloka, yakni terjadi pada tanggal 27 Juli 2017 dengan investor Expedia sebesar 350 juta dollar AS. 

4. Ekspansi Ke Mancanegara

Siapa bilang bahwa perusahaan unicorn Indonesia hanya Berjaya di dalam negeri saja? Buktinya, Go-Jek telah berkespansi ke beberapa Negara lainnya di Asia Tenggara, mulai dari Vietnam, Singapura, dan Thailand. Bahkan, dalam waktu dekat ini Go-Jek akan menancapkan benderanya ke Filiphina lho. Begitupun dengan Traveloka yang telah beroperasi di Negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. 

Nah, itulah beberapa keunggulan dari perusahaan unicorn yang harus kalian ketahui, sehingga bisa dijadikan sebagai penambah wawasan.