Komponen Dasar Desain Web pada Pembuatan Website

Dalam membuat sebuah website profesional, desain web merupakan elemen penting. Selain konten, seperti apa tampilan web yang akan disajikan pengguna kepada pembacanya menjadi penilaian tersendiri.

Melalui jasa pembuatan website misalnya, desain layout akan sangat diperhatikan untuk menunjang kualitasnya. Pengguna juga dapat menjadikannya alternatif dapat memilih sesuai website yang diinginkan.

Komponen Desain pada Jasa Pembuatan Website

Secara umum, ada tiga komponen dasar yang perlu dipahami untuk membuat tampilan website Anda menarik. Pertama yaitu warna, tren desain serta font atau  typography, berikut ini penjabarannya.

1.      Typography (Font)

Font merupakan jenis huruf yang tampil pada setiap teks pada website. Pilihan font, biasanya disesuaikan dengan jenis website dan kategori konten yang diberikan akan ditampilkan.

Pada umumnya, terdapat dua hingga tiga jenis font yang digunakan pada sebuah website. Font tersebut ditempatkan pada judul, tombol dan konten. Pemilihannya juga tak bisa asal, pembuat perlu memilih kombinasi font yang selaras, jelas dan mudah dibaca.

2.      Pemilihan Warna

Warna juga menjadi komponen penting dalam menyajikan tampilan website yang menarik. Caranya, dengan mengatur komposisi warna yang tepat agar memiliki kesan yang tepat pada pengunjung.

Pembaca tentu tak semata melihat teks, foto atau bagian lain pada konten, melainkan juga tampilan yang menarik mata. Memilih kombinasi warna yang tepat juga memicu emosi psikologi yang positif. Terlebih, setiap warna memiliki makna yang berbeda untuk diterapkan.

3.      Tren Desain

Mengikuti tren desain juga merupakan langkah penting sebelum membuat desain website yang baik. Menggunakan model website terbaru yang update, agar tidak terlihat ketinggalan zaman. Saat ini, tren desain terus mengalami inovasi dan perubahan dari waktu ke waktu.

Penting bagi pengembang untuk memahami tren desain sebagai referensi. Terlebih, tren desain tak hanya pada komputer melainkan juga pada device ponsel. Istilah baru yang saat ini digunakan adalah responsif, yang memungkinkan sistem menyesuaikan secara otomatis berdasarkan ukuran layar yang ada.

Ketiga komponen di atas akan selalu diterapkan sebagai dasar dalam mendesain website, termasuk pada jasa pembuatan website profesional.