Gula adalah zat yang sangat berpengaruh pada proses diet. Terlalu banyak zat gula maka akan membah kalori dalam tubuh secara signifikan. Maka dari itu perlu untuk mempelajari macam macam gula diet yang bebas kalori.

Gula

Gula merupakan jenis dari karbohidrat sederhana yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Gula merupakan sukrosa. Yang mana sukrosa sendiri merupakan karbohidrat yang ada di dalam buah dan sayur.

Sukrosa diproduksi melalui Proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses perubahan zat-zat lain menjadi sukrosa pada tumbuhan berdaun hijau dengan bantuan sinar matahari.

Gula yang pada umumnya atau seringkali diperjualbelikan adalah gula dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula dimanfaatkan untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman.

Manfaat Gula

Gula adalah salah satu makanan yang diperuntukkan bagi otak. Gula serta karbohidrat adalah zat yang diproses oleh sistem pencernaan tubuh sehingga akhirnya berubah menjadi glukosa-darah. Glukosa-darah adalah kebutuhan utama otak manusia.

Gula mempunyai manfaat bisa menyembuhkan luka. Ratusan tahun silam gula merupakan suatu zat yang digunakan untuk mempercepat proses menyembuhan luka, selain untuk mempercepat penyebuhan, gula kering juga bisa digunakan untuk mencegah bakteri berkembang biak di tubuh kita.

Gula berfungsi untuk menetralisir PH. Selain itu, gula juga bisa digunakan untuk menambah rasa ataupun mengurangi kadar asam menjadi lebih netral. Contohnya adalah bumbu salad/saus tomat yang asam dicampur dengan gula.

Gula dapat dimanfaatkan sebagai pengawet natural. Hal itu disebabkan karena gula dapat menaikan atau menambah umur dari makanan, contoh makanan tersebut adalah susu dan tahu yang tidak memiliki kandungan gula akan lebih cepat basi atau rusak jika dibandingkan yang yang memiliki kandungan gula.

Contoh lain dalam pemanfaatan gula terdapat pada selai, umur atau waktu layak selai rata-rata lama/panjang, walaupun tidak membutuhkan penyimpanan pada suhu yang rendah. Hal ini dikarenakan bahan baku atau bahan dasar yang digunakan untuk membuag selai adalah gula. Penjelasan ilmiahnya, kandungan gula yang ada di dalam selai akan mengunci semua lapisan air yang dibutuhkan untuk perkembangbiakan bakteri ataupun jamur.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan dan manfaat dari gula. Sekarang tanpa berlama-lama lagi, kita langsung menuju ke topik utama kita, yaitu membahas tentang macam macam gula diet.

Macam Macam Gula Diet

1.Tropicana Slim Sweetener Classic

Gula dengan kandungan kalori yang rendah ini dapat mendukung pola makan rendah kalori, sehingga pada akhirnya dapat membantu untuk mengontrol kadar gula yang ada pada darah serta bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun termasuk dalam pemanis buatan, Tropicana Slim Sweetener Classic tetap mempunyai rasa manis seperti gula pasir alami pada umumnya, sehingga dapat digunakan dalam masakan ataupun minuman.

2.Diabetasol Zero Calorie Sweetener

Diabetasol Zero Calorie Sweetener ini merupakan pengganti gula yang dibuat menggunakan sukralosa, sehingga tetap aman bagi penderita diabetes melitus serta bagi yang ingin untuk senantiasa menjaga asupan kalori harian. Keunggulan yang menjadi klaim dari Diabetasol Zero Calorie Sweetener ini adalah dibuat tanpa kalori dan juga tanpa gula.

3.Thermolyte Diet Sugar

Gula untuk diet yang keempat adalah Thermolyte Diet Sugar. Produk ini merupakan gula rendah kalori yang memiliki kandungan sukralosa, sehingga cocok bagi kalian yang menjaga pola makan rendah kalori serta rendah gula. Oleh karena hal tersebut, Thermolyte Diet Sugar ini juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4.Equal Classic Sweetener Sticks

Equal Classic Sweetener Sticks ini memiliki kandungan nol kalori, nol karbohidrat, dan juga tentu saja nol gula. Oleh karena itu, produk ini bisa dikonsumsi untuk para penderita diabetes, orang yang ingin menurunkan berat badan, ataupun yang ingin mengurangi asupan gula harian. Memiliki rasa manis seperti gula biasa, Equal Classic Sweetener Sticks ini cocok dipadukan dengan berbagai minuman.

5.Diasweet Sweetener Sukralosa

Sesuai dengan namanya, Diasweet Sweetener Sukralosa ini dibuat menggunakan sukralosa, sehingga menjadikannya rendah kalori. Tingkat kalori yang rendah ini, membuat Diasweet Sweetener Sukralosa dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Maka dari itu, produk Diasweet Sweetener Sukralosa ini cocok untuk kalian yang ingin menjaga berat badan, menjalani gaya hidup sehat, serta sedang memiliki penyakit diabetes.

6.Now Better Stevia Original

Produk yang keenam ini berbentuk bubuk dan dibuat menggunakan ekstrak dari daun stevia. Now Better Stevia Original dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula pasir yang tentu saja lebih sehat jika dicampurkan dengan minuman ataupun makanan. Selain itu, Now Better Stevia Original ini juga diketahui bebas gluten, non GMO (Genetic Modified Organism) , rendah indeks glikemik, serta tentu saja alami.

7.Nulife Sweetener

Nulife Sweetener merupakan produk yang terbuat dari tebu dan memiliki kandungan sukralosa, sehingga tentu saja aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan cocok untuk kalian yang sedang dalam masa diet. Produk pemanis yang satu ini terasa manis saat di mulut tetapi tidak diserap oleh tubuh, tidak memiliki efek samping, dan yang paling penting tidak memiliki kesan rasa yang pahit.

Bagaimana teman-teman? Sudah memilih mau mengonsumsi gula yang mana? Semuanya sama-sama bagus, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing ya.

Harga dari gula rendah atau bebas kalori ini memang cenderung lebih mahal, tetapi saya rasa sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkan. Semangat berpola hidup sehat teman-teman semua.

Sekian dulu dari saya, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Jika kalian tertarik bisa mampir pada artikel cara membuat gula dari tebu untuk semakin menambah pengetahuan.