Salah Satu Serial Magical Girl Yang Popular Ojamajo Doremi

Meskipun menjadi salah satu seri gadis ajaib paling populer sepanjang masa di Jepang, Ojamajo Doremi adalah anime dengan sedikit atau tanpa kehadiran di Barat sama sekali. Ditayangkan dari tahun 1999 hingga 2002, serial ini dibuat untuk menjadi penerus Sailor Moon dan berbagi banyak staf yang sama, namun tidak jauh berbeda dalam hal materi dan nada. Ojamajo Doremi sangat berbeda dengan apa yang diasosiasikan oleh sebagian besar penggemar Barat dengan istilah ‘gadis penyihir’: tidak ada Team Batch wanita super yang menyelamatkan dunia dari kejahatan, tidak ada formula monster minggu ini, dan tidak ada tema umum memperjuangkan keadilan. . Faktanya, Ojamajo Doremi praktis tidak berkelahi sama sekali.

Sekarang, ini mungkin tampak aneh bagi beberapa pembaca yang telah mencoba-coba dalam arus utama mahou shoujo. Sailor Moon , Pretty Cure , dan bahkan Card Captor Sakura semuanya mengikuti formula episodik yang cukup ketat yang dimulai dengan pengenalan musuh yang kemungkinan menimbulkan semacam malapetaka, mengarah ke konfrontasi oleh para pemain utama disertai dengan urutan transformasi, klimaks. dalam pertempuran antara keduanya, dan diselesaikan dengan para pahlawan yang menang dan status quo dipulihkan. Meskipun tidak setiap episode dapat mengikuti resep ini hingga hurufnya dan sering ada lilitan yang dibuat di atasnya, terutama mengingat resolusi, ini memang tradisi sebagian besar seri dalam genre pasca- Sailor Moon . Bahkan judul terbaru sepertiPuella Magi Madoka Magica dan Magical Lyrical Girl Nanoha berakar dalam di sini. Namun, ini tidak selalu menjadi formula utama untuk serial gadis penyihir di Jepang.

Kembali di 80-an genre didominasi oleh orang-orang seperti Magical Princess Minky Momo , Magical Angel Studio Pierrot Creamy Mami dan Magical Idol Pastel Yumi . Alih-alih menampilkan gadis-gadis pencinta keadilan melawan kekuatan kegelapan, pertunjukan ini menggunakan alur cerita yang relatif normal dan bahkan duniawi. Ketika Sailor Moon mendefinisikan kembali standar di mana seri gadis penyihir dibuat dengan memasukkan unsur-unsur dari Super Sentai dan Cutie Honey , seluruh subgenre dari pertunjukan gadis penyihir tradisional yang tenang diserahkan kepada ketidakjelasan relatif di luar Jepang. Sayangnya, hal yang sama berlaku untuk Ojamajo Doremi, yang lebih sejalan dengan filosofi pendongeng dari karya-karya lama ini, namun juga berhasil menjadi jauh lebih banyak.

Jadi apa masalahnya?

Ojamajo Doremiberfokus pada seorang gadis sekolah dasar canggung bernama Harukaze Doremi yang terjadi pada seorang penyihir yang dikenal sebagai Majo Rika dalam perjalanan pulang. Doremi secara tidak sengaja mengubah Majo Rika menjadi katak selama pertemuan mereka, hasil dari kutukan yang telah ditempatkan pada semua jenis penyihir, dan menjadi direkrut secara tidak sengaja menjadi magang penyihir. Dia dipaksa untuk mengambil sejumlah ujian untuk menguji keterampilan sihirnya dengan harapan bahwa ia akhirnya dapat diterima sebagai penyihir dan mengembalikan Majo Rika ke bentuk aslinya.

Sepanjang jalan Doremi bergabung dengan teman masa kecilnya yang dilindungi, Hazuki Fujiwara, seorang siswa pindahan Osakan, Senoo Aiko, seorang idola pop terkenal, Segawa Onpu, dan seorang kepala pastry dari New York bernama Asuka Momoko. Mereka semua bekerja bersama di sebuah toko yang dimiliki dan dikelola oleh Majo Rika, menghadiri sekolah yang sama, dan mengunjungi dunia penyihir untuk menumbuhkan sihir mereka.