Mana yang lebih baik Air Isi Ulang Atau Air Rebusan Keran?

Dalam sehari, tubuh membutuhkan setidaknya 8 gelas air agar tetap terhidrasi. Sumbernya bisa di mana saja, air mineral galon, air minum isi ulang, atau sebagian yang memilih air keran rebus.

Terkadang pilihan air minum juga dapat dibatasi dalam kondisi tertentu. Misalnya saja ketika suatu daerah mengalami bencana alam seperti banjir. Pasokan air kemasan atau galon bisa terbatas, seperti halnya mengisi air minum. Satu-satunya pilihan adalah merebus air keran.

Mana yang lebih baik Air Isi Ulang Atau Air Rebusan Keran?

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan air keran rebus untuk konsumsi sehari-hari, pastikan sumbernya benar-benar aman. Ingat, air bersih tidak selalu bebas dari mikroorganisme dan bahan kimia berbahaya.

Kualitas air tanah di masing-masing daerah berbeda. Pertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk menggunakan air tanah yang direbus. Jangan merebus air yang dinyatakan tidak aman untuk dikonsumsi karena tidak akan menghapus konten berbahaya.

Tetapi jika Anda tidak memiliki akses mudah ke air bersih, merebus air keran adalah cara yang paling efisien. Sebagian besar organisme tidak dapat bertahan hidup ketika dipanaskan hingga 100 derajat Celcius.

Juga, Anda tidak bisa hanya membangun sumur air bersih. Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut untuk mendapatkan kualitas air yang baik.

  • Cara sumur itu didapat
  • Dimana lokasinya
  • Cara memelihara dan mengelolanya
  • Kualitas peralatan pendukung untuk pengangkutan air di sumur.
  • Aktivitas manusia di sekitar area sumur.

Di sisi lain, selama masih ada akses ke air yang telah melalui proses penyaringan seperti air minum isi ulang, ini bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Tapi, cari tahu sebelumnya bagaimana pemasok menggunakan sistem penyaringan filter UV. Lihat juga seberapa steril prosesnya dan pastikan tidak ada filter yang berkarat.

Terlepas dari sumber air yang Anda konsumsi, apakah itu air isi ulang atau air ledeng, pastikan selalu memenuhi kebutuhan air Anda dalam satu hari.