Manajemen Pendidikan Islam, Gelar, pekerjaan lulusan

Manajemen Pendidikan Islam, Gelar, pekerjaan lulusan selepas wisuda mencapai gelar S1 Fakultas Tarbiyah prodi MPI. Panduan untuk calon mahasiswa mahasiswi yang hendak melacak Info universitas UIN maupun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) maupun swasta. (foto dokumen sebelum akan jaman pandemi covid-19)

Bagi yang hendak melanjutkan pendidikan strata 1 baik lulusan pesantren jenjang aliyah setara SMA maupun pendidikan umum, Manajemen Pendidikan Islam adalah salah satu yang mampu menjadi target lanjut pendidikan sampean.

Apa sih Prodi MPI?

Mengacu kepada situs Resmi UIN Suka Yogya, Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) adalah merupakan pertumbuhan dan kelanjutan berasal dari Jurusan Kependidikan Islam (KI).

Khususnya untuk tingkat akreditasi, MPI Fakultas Tarbiyah Yogyakarta miliki Akreditasi A. Nilai paling tinggi dalam standar akreditasi.Ini bakal membawa nilai lebih bagi lulusan Manajemen Pendidikan Islam yang memilikinya. Kemungkinan menjadi salah satu pertimbangan dalam mendapatkan pekerjaan dan penerimaan CPNS.


Jika ada pertanyaan berbunyi begini,” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam mampu menjadi apa?

Maka jawabannya adalah kans pekerjaan yang cocok jalan pendidikan pada MPI ini, bukan mengkaji pekerjaan diluar setting disiplin pengetahuan lulusannya.


Yang pertama, lulusan MPI mampu menjadi Pegawai Negeri pada anggota administrasi sekolah, kantor maupun menjadi pegawai inspektorat baik pada Kementerian Agama, Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Pusat.

Contohnya Thaufiq Arsyaf, yang pas ini bekerja pada Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.

Kedua, seandainya linier dalam pendidikan MPI S1, S2 mampu menjadi dosen pada kampus-kampus fakultas pendidikan atau tarbiyah.
contohnya Heru Sulistya, M.Pd. yang menjadi dosen pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Kelima, menjadi asisten konsultan pendidikan, bersama kekuatan manajerial dan miliki kesempatan untuk menjadi asisten konsultasi pendidikan merasa jenjang pendidikan paling awal yaitu paud hingga bersama jenjang S3.Manajemen Pendidikan Islam gelarnya apa? Gelarnya adalah Sarjana Pendidikan, singkatannya layaknya anda sadar yaitu S.Pd. untuk lulusan strata 1.

Sedangkan bagi yang lulus Manajemen Pendidikan Islam pada strata 2 maka miliki gelar Master Pendidikan Islam, singkatannya yaitu M.Pd.

Untuk s3 berlaku gelar umum yaitu Dr. Alias Doktor.

Nah begitulah gelar untuk sarjana s1 dan S2 bagi mahasiswa mahasiswi yang lulus Manajemen Pendidikan Islam.
Di indonesia ada 200 an prodi MPI untuk jenjang strata 1, dan ada lebih dari satu jenjang pendidikan strata 2 maupun strata 3.

Manakah Jurusan atau prodi MPI terbaik?

Saya yakin bahwa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan universitas paling baik dalam perihal prodi MPI.

Kenapa demikian?

Yang pertama adalah para Dosen tenaga pendidik berasal berasal dari kalangan mumpuni dan miliki kekuatan hebat untuk membimbing mahasiswa mahasiswinya memaksimalkan kekuatan dan potensi yang dimiliki.

Kedua, lingkungan universitas UIN Sunan Kalijaga yang menjadi target banyak mahasiswa bersama semangat dan kekuatan juang untuk belajar. Hal ini menjadikan anda berada dalam lingkungan yang kondusif untuk bersemangat.

Misalnya anda naik motor, kanan kiri anda umumnya berlangsung bersama kecepatan 40 km/jam, bisa saja anda mampu lebih cepat atau mengikuti irama kiri kanan anda.


Apabila anda naik motor bersama kanan kiri rata rata kecepatan 80 km/jam, anda bakal terbawa juga untuk berkecepatan yang sama layaknya kanan kiri anda.

Nah ini juga berlaku layaknya itu.

Dengan lingkungan kalangan mahasiswa dan akademisi yang semangat dan haus bakal pengetahuan menambahkan pancaran semangat kepada yang lain yang bisa saja saja tidak cukup pol dalam semangat.

Ketiga, segi UIN Sunan Kalijaga yang merupakan universitas senior tentu saja mempunyai pengalaman dalam mengelola pendidikan dan menata dosen.

Yaitu mengantarkan mahasiswa untuk mencapai pengetahuan dan siasat dalam mendapatkan pekerjaan di jaman yang bakal datang.

Jadi setidaknya ada 3 segi kenapa saya yakin Prodi MPI sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan universitas paling baik untuk Manajemen Pendidikan Islam yaitu;

Dosen – dosen profesional dan kekuatan mendalam dalam keilmuan;
Lingkungan mahasiswa universitas yang kondusif untuk memaksimalkan kekuatan dan potensi; dan


Pengalaman jam terbang UIN Sunan Kalijaga dalam pengelolaan mahasiswa dan dosen.


Biaya Terjangkau

Ada satu kembali segi yang menarik yaitu pada sektor ongkos kuliah untuk ukuran strata 1.

Yaitu ongkos pendidikan yang murah.

Murahnya berapa?

Biaya UKT (uang Kuliah tunggal), orang lama menyebut bersama SPP Semesteran paling tidak mahal kisarannya hanya Rp. 400.000,- ( empat ratus ribu rupiah)/semester.

Sedangkan paling mahal yaitu UKT 7 sebesar Rp. Rp. 2.200.000,- (dua juta dua ratus ribu rupiah).

hal ini mengatur bersama kebijakan pembayaran SPP bersama menyaksikan tingkat perekonomian orang tua atau wali mahasiswa.

Ada sebagaian orang yang tidak berkhayal ongkos untuk kuliah yang mutlak berkualitas, maka Prodi MPI Fak. Tarbiyah Yogyakarta merupakan pilihan yang tepat.

Apabila ongkos kuliah menjadi pertimbangan dan tidak mengorbankan mutu dan mendapatkan ijazah berasal dari universitas populer maka sekali kembali Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memenuhi kriteria ini.