Mari Coba Membuat Resep Empek Empek Ikan Tenggiri Yang Sehat Dan Bergizi

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas resep empek empek. Selanjutnya akan membahas mari coba membuat resep empek empek ikan tenggiri.

Empek Empek/Pempek

Pempek atau empek empek juga merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan dicampurkan dengan tepung terigu dan sagu,serta komposisi beberapa bahan yang lainnya.

Perkembangan pada empek empek ini juga ada jenis ikan sungai yang dapat untuk digunakan,misalnya dengan ikan putak,toman,dan bujuk.

Terdapat juga jenis ikan laut yang lainnya seperti tenggiri,kakak merah,parang-parang,ekos kuning dan ikan sebelah.

Penyajian pempek biasanya juga dapat diberikan dengan kuah saus yang berwarna hitam coklat-coklatan yang disebut dengan suka atau cuko(bahasa Palembang).

Menjajakan dagangannya.Makanan khas Palembang ini juga sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera.

Penjualan pempek biasanya juga ada yang memikul dengan satu keranjang yang penuh berjalan kaki berkeliling

Cuko kuah yang terbuat dari air yang di didihkan kemudian ditambahkan dengan gula merah,ebi(udang kering),cabai rawit tumbuk,bawang putih dan garam.

Mengenal Pempek

Nama empek empek juga sangat lekat dengan Palembang,padahal sebetulnya lebih kurang tepatnya juga jika dikatakan empek empek merupakan makanan yang khas Palembang.

Jika anda berkeliling ke sumatra selatan empek empek bisa juga dijumpai di seluruh wilayah bukan hanya di palembang saja.

Jajanan ini juga dibuat dari bahan dan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana.Daging ikan yang sudah digiling dan dicampurkan dengan tepung tapioka atau tepung sagu dan bumbu-bumbu,kemudian di rebus saat akan disantap.

Pada mulanya jenis ikan yang sering digunakan adalah ikan belida,namun keberadaannya ikan belida ini juga semakin langka sehingga harganya semakin kian meroket.

Sebagai gantinya gunakanlah ikan dari jenis yang lainnya,seperti gabus atau tenggiri.

Gurihnya rasa dengan pempek yang begitu semakin menggigit dengan siraman kuah yang berwarna coklat kehitaman yang rasanya asam,manis,dan pedas.

Kuah cuko ini juga di dalam bahasa Palembang adalah cuka yang terbuat dari cuka yang dicampur dengan air,gula merah,cabai rawit,bawang putih,dan garam.

Sejarah Pempek

Ada dua versi tentang sejarahnya empek empek,pendapat pertama menyebutkan makanan ini sudah dikenal sejak abad ke-16 dan berasal dari Cina.

Nama empek empek sendiri juga sangat dipercaya dari kata”apek” yang merupakan sebutan khas untuk lelaki tua keturunan Cina.Lalu apa hubungannya dengan lelaki tua sama empek empek?

Menurut cerita,pada tahun 1617 seorang apek yang tinggal di tepian sungai musi terinspirasi dengan membuat olahan dari ikan setelah hasil tangkapannya ikan disungai musi begitu sangat berlimpah.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Empek Empek

Kandungan gizi empek empek juga berasal dari bahan-bahan pembuatannya yaitu dengan daging ikan,tepung sagu,telur.

Empek empek juga mengandung protein,karbohidrat,lemak,kalsium,fosfor,dan zat besi. Selain itu empek empek juga sangat mengandung omega-3,vitamin A,B1,dan C.

Karena sangat memiliki kandungan nutrisi yang sangat cukup lengkap, mengonsumsi empek-empek juga akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh,yaitu:

  • Kandungan protein yang berasal dari daging ikan yang begitu sangat penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan pada tubuh,meningkatkan imunitas.
  • Kabohidrat juga merupakan sumber energi untuk meningkatkan pada tubuh.
  • Lemak juga begitu merupakan sumber energi pada tubuh sangat penting untuk pertumbuhan sel dan membantu penyerapan pada vitamin.
  • Kalsium dan fosfor juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta dapat mencegah pasa osteoporosis.
  • Zar besi juga sangat terutama berguna untuk mencegah anemia.
  • Kandungan vitamin A juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata,vitamin B1 juga sangat berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan vitamin C juga meningkatkan sistem pada kekebalan tubuh.
  • Kandungan Omega-3 yang berasal dari daging juga sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit alzeimer,mengurangi risiko pembekuan darah,dan bail untuk perkembangan otak dan mencegah diabetes.

Mari Coba Membuat Resep Empek Empek Ikan Tenggiri

1.Resep Empek Empek Ikan Tenggiri Yang Empuk

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg ikan tenggiri
  • 10 butir telur puyuh
  • Telur ayam 1 butir
  • 100 gr tepung sagu tani yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • 1 sdt garam
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • 5 bawang putih sebelumnya digoreng dulu
  • 3 bawang putih
  • 10 cabai rawit
  • garam 1 sdt
  • 200 gr gula merah
  • 250 ml air
  • 1 ibu jari asam jawa

Cara Membuat Empek Empek Ikan Tenggiri Yang Empuk:

  1. Panaskanlah terlebih dahulu air ke dalam panci yang sudah diberikan sedikit minyak.
  2. Lalu bawang putih digoreng kemudian diulek halus dengan garam.
  3. Masukkanlah ikan tenggiri yang telah dihaluskan,tambahkanlah telur dan ulekan bawang putih,aduk-aduklah hingga benar-benar merata.
  4. Kemudian taruhkanlah tapung sagu dan tambahkanlah air sedikit lalu aduk-aduklah kembali sampai benar-benar merata.
  5. Setelah merata bentuklah adonan dan lubangilah tengahnya dan isi dengan 1 butir telur puyuh tutup mmbentuk kapal selam.
  6. Selanjutnya masukkanlah ke dalam air yang sudah mendidih tadi,lakukan hingga semua adonan benar-benar habis.Setelah itu angkatlah dan tiriskanlah jika pempek sudah mengapung.
  7. Buatlah kuah cuko,ulek bawang putih,cabai,dan garam,lalu masukkanlah air gula merah,serta asam jawa,didihkanlah lalu disaring.Lalu panaskanlah air ke dalam panci yang sudah diberi sedikit minyak.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya sudah membahas cara membuat nugget ikan lele. Jika ada kata kurang dan lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.