Mengenal Burung Cerek Krenyut

Mengenal Burung Cerek Krenyut

Perawakannya tampak tenang. Seperti dingin, burung dengan warna karakteristik dari bulu cokelat, mata emas dan terus memperhatikan lingkungan sekitar. Kadang-kadang berjalan beberapa langkah. Kemudian berhenti lagi mendekati kawanan. Mereka terlihat seperti malu dan. hidupnya di koloni, burung ini memiliki nama latin Pluvialis fulva.

senapananginpedia.com

Dia adalah burung cerek krenyut yang memiliki tubuh ukuran medium, sekitar panjang 25 cm. Dengan karakteristik kekar, memiliki leher yang jarang di lihatkan. Meskipun ukuran kepala besar. Paruhnya pendek tapi termasuk kuat.

Ketika terbang warna tidak kontras dengan garis sayap. Karena tubuh bagian bawah memliki garis besar mata dan sisi wajah memiliki warna coklat pucat yang hampir sama dengan warna bulu bagian atas dan sayap, yaitu coklat emas.

Di bagian tubuhnya juga terlihat bercorak hitam dan putih. Burung-burung juga dikenal dengan nama Pacific Golden Plover memiliki suara bersiul keras, nada tunggal atau double “tuiit”.

Menurut senapananginpedia.com Cerek krenyut adalah burung-makan invertebrata, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang, seperti cacing, udang, serangga, molusks, dll itu adalah santapannya. Termasuk jenis burung air yang habitat hidupnya di tanah basah seperti pantai dan kolam.

Mereka tersebar dari daerah yang berbeda, dapat terbang ke ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Cerek krenyut ketika mencari makan kadang-kadang sendirian, kadang-kadang dalam kelompok. Mahasiswa Biologi, Universitas Brawijaya Malang, Afina Aninnas membagikan berbagi pengalaman saat membuat pengamatan. Dia menjelaskan bahwa jika Anda ingin mengamati burung cerek krenyut dapat dilakukan dengan baik di pagi hari. Karena burung-burung ini mulai aktivitas mencari makanan di pagi hari sebelum matahari terbit. Ketika matahari terbit burung ini sementara mengepakkan sayapnya. Kemudian diam dengan mengangkat kaki satu.

“Dibandingkan dengan burung cerek jawa lebih toleran. Mereka cenderung diam meskipun jarak pengamatan antara 7-8 meter. Tapi harus merangkak.”katanya.  Dia mengakui bahwa ia telah puluhan kali untuk melakukan pengamatan pada burung ini.

Dia melanjutkan, burung-burung ini memiliki postur yang lebih tinggi dari Sandpiper yang (Tringa glareola). Selain itu, postur kepala juga lebih terlihat. Cerek krenyut dapat dibedakan dari laki-laki dan perempuan ketika musim kawin.