Mengenal Masjid Raya Pondok Indah

Masjid Raya Pondok Indah berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda No 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan, dekat Pondok Indah Mall, adalah salah satu masjid di Jakarta yang ramai dikunjungi oleh jamaah. Masjid Raya Pondok Indah dibangun pada tahun 1990 oleh Yayasan Masjid Raya Pondok Indah .

Adalah H. Sudwikatmono, Presiden Yayasan ketika itu, yang didukung oleh PT Metropolitan Kencana Jakarta sebagai pengembang di daerah Pondok Indah, mulai ide untuk membangun masjid ini. Ir H Ismail Sofyan adalah tokoh dari rencana pembangunan.

Konstruksi masjid ini selesai pada akhir tahun 1992. Sebelum resmi digunakan, H Soedarmono SH, wakil presiden pada saat itu, peresmian masjid Jumat, Desember 4, 1992, tepat pukul 11:00. Dan, salat Jumat pertama hari bahkan mulai penggunaan MRPI.

Berdiri di atas lahan seluas 6215 m2 dengan bangunan 2 lantai, semua MRPI dapat menampung lebih dari 4.000 jamaah, sering mencapai 7.000 setia dalam penggunaan area plaza masjid 2000 m². Lantai atas, yang digunakan sebagai ruang doa utama, dinding kiblat tanpa ruang mihrab. Sementara tingkat yang lebih rendah digunakan sebagai ruang serbaguna. Pada mimbar yang diukir dinding keyakinan kaligrafi dua kalimat. Untuk menambah kemegahan masjid, di atas ruang doa diukir kaligrafi nama-nama yang indah.

Konsep arsitektur masjid inimengacu pada arsitektur masjid tradisional apik dirancang untuk menciptakan bentuk baru, tapi selalu mengekspresikan bentuk masjid susun tiga dan paduan harmonis dengan lingkungan. Apartemen bangunan komposit atap – umumnya tiga lapisan – adalah salah satu karakteristik yang tersebar di pulau-pulau. Dia menambahkan, mengacu Masjid bentuk MRPI Quba yang dibangun oleh Nabi Muhammad.

Masjid ini terdapat 300 air keran untuk wudhu, 17 kamar kecil, perpustakaan dengan sekitar 8.000 buku, kantor, gedung serbaguna udara ac 8 unit @ 15 pk, ruang ganti untuk pernikahan, jam masjid digital, pantry, ruang pendidikan, Imam ruang, ruang generator dan ruang keep. ruang ini sengaja ditempatkan di bawah permukaan tanah sehingga masjid tidak terhalang oleh bangunan lain sehingga masjid tetap anggun penampilan.

Entah bagaimana, manajemen dan pengelolaan Yayasan Pondok MRPI diperlakukan Mulya (JPM) sebagai dasar induk yang telah dibuat pada tanggal 5 Oktober 1982. Sementara itu, Yayasan Masjid Raya Pondok Indah adalah yayasan lokal untuk pemeliharaan aset dikoordinasikan oleh JPM.

YPM ( Yayasan Poldok Mulya}itu sendiri adalah lembaga keagamaan yang bertujuan untuk mengembangkan kebesaran Islam dan untuk meningkatkan martabat kehidupan umat Islam. Maksud dan tujuan dari Pondok Mulya Foundation adalah untuk membantu Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan pendidikan dalam arti yang luas, terutama pendidikan Agami Islam, membentuk masyarakat pengetahuan, amal dan takut kepada Allah memuliakan dia dan cinta bangsa dan negara dan untuk mengeksplorasi, mengembangkan dan mempraktekkan ajaran Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad
tujuan mulia untuk mencapai dalam berbagai ibadah dan kegiatan pendidikan melalui tiga fokus. Yaitu, manajemen masjid, manajemen pendidikan dan manajemen bisnis dengan penekanan pada profesionalisme dan tanggung jawab.


Masjid Biru. Ini adalah istilah lain Masjid Raya Pondok Indah. Dominasi warna atap biru sehingga moniker melekat pada masjid dengan menara yang runcing berbentuk 50 meter tinggi yang berujung pada sebuah bintang bulan puncak. Sebagai untuk mencerminkan seberkas cahaya yang menerangi bumi, bintang-bintang bulan melambangkan fakta bahwa Islam adalah cahaya cahaya ke bumi dan alam.

Bersegi delapan. Ini adalah ide dasar dari pengembangan desain, model dan seni pelindung MRPI. Bentuk sudut atap piramida dari 45 derajat dan disempurnakan berdasarkan pada batu-batu, yang MRPI tampak seperti prisma biru membangun menutup.