Mengenal Tugas Web Developer dan Tanggung Jawabnya

Web Developer adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan, benarkah itu? Di era teknologi yang semakin berkembang ini, keberadaan web developer sebagai salah satu dari tim IT merupakan bagian yang penting dalam perkembangan berbagai perusahaan. Tugas Web Developer adalah bertanggung jawab dalam hal desain, pengetahuan serta pengkodean, serta letak web resource dari suatu perusahaan atau lembaga tertentu.

Web resource bagi suatu perusahaan maupun Individu sangat penting di era digital seperti saat ini. Karena kebutuhan inilah, seorang web developer menjadi sangat diperlukan untuk menciptakan web resource dengan kualitas terbaik bagi para kliennya. Pekerjaan di bidang ini serta menjadi salah satu pekerjaan favorit yang banyak dicari, terutama oleh para lulusan di bidang IT.

Apa Itu Web Developer?

Web developer atau perancang website merupakan suatu profesi dalam tim IT, dengan konsentrasi pada pembuatan dan perancangan website. Secara umum, web developer ini dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu backend internet, frontend internet dan full stack internet. Jika ingin melamar pekerjaan sebagai web developer di suatu perusahaan, tentunya kamu harus mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan bidang IT ini.

Selain itu, penting serta untuk mengetahui kualifikasi bidang ini, agar ketika kamu melamar, perusahaan tidak bingung lagi dalam menentukan kandidat yang memang sesuai untuk pekerjaan ini. Selengkapnya mengenai tugas dan tanggung jawab, serta kualifikasi web developer akan dibahas disini.

Tugas Dan Tanggung Jawab Web Developer

Seorang yang bekerja merancang website ini, akan memiliki tanggung jawab penuh dalam hal proses pengembangan suatu website. Anda juga perlu untuk memahami mengenai perencanaan dan pengiriman aplikasi website yang dibuat, untuk berbagai platform. Adapun tugas web developer sebagai berikut:

Membuat website atau situs dengan pakai HTML/CSS

Menulis kode dan efisien

Berkomunikasi dengan kolega dalam bisnis untuk membantu mengembangkan dan menyebarkan konten, serta memastikan waktu pembuatan dan penyelesaian sebuah website

Bekerja sama dengan para web desainer serta bagian pemrograman untuk membuat website

Meneliti berbagai software program, dan memelihara dokumentasi perangkat lunak tersebut

Memelihara serta meningkatkan website-website yang telah dibuat

Membuat dan menerapkan rencana darurat jika website mengalami down

Bekerjasama dengan tim dan mengelolanya agar menjalankan peran dalam membuat website dengan baik

Mengerjakan tampilan website dan melakukan pengujian website

Kualifikasi Pekerjaan Web Developer

Nah bagaimana, sekarang kamu sudah mengetahui seperti apa tugas dan tanggung jawab seorang web developer itu bukan? Jika kalian memang berminat untuk melamar pekerjaan ini, pastikan terlebih dulu kalian memiliki pengetahuan yang baik mengenai beberapa hal ini:

Sistem Informasi Bisnis

Manajemen konten internet

Pengembangan Media Digital

Desain Multimedia

Pemrograman Komputer

Pengembangan website

Memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai HTML/XHTML, CSS, JavaScript

Mengerti tentang Arsitektur server

Memiliki pengalaman kerangka kerja server seperti php, python, ruby, java, ASP, NET dan lain sebagainya

Memiliki pemahaman dengan sistem foundation knowledge seperti Oracle dan SQL

Memiliki pengetahuan fungsional dan pengalaman pengkodean yang menyeluruh

Memiliki kemampuan multitasking dalam batasan waktu tertentu

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Memiliki kemampuan untuk mengelola tim dengan baik, ketika bekerja dalam tim

Melihat dari beberapa kualifikasi di atas, kamu yang memiliki pengalaman di bidang pekerjaan ini sebelumnya, akan memiliki potensi lebih besar untuk bekerja di bidang sejenis. Dalam hal ini, tidak ada syarat pendidikan formal yang khusus untuk bidang web developer. Namun, kamu yang memiliki gelar sarjana dalam jurusan Ilmu komputer tentu sangat diperhitungkan.

Beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan bidang web developer seperti Internet Developer ,Desainer Internet, Pengembang Internet, hingga Webmaster. Di era digital saat ini, beberapa jenis pekerjaan ini hampir selalu dibutuhkan per waktu, baik itu secara formal di perusahaan, maupun untuk kebutuhan pekerja lepas (freelance).

Demikian gambaran umum mengenai pekerjaan menjadi seorang web developer. Pastikan seluruh kualifikasi yang diminta untuk melamar pekerjaan ini terpenuhi ya, agar peluang diterima kerja di bidang ini lebih besar. Selamat mencoba.