Panduan Menjalankan Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis online ada beberapa hal yang perlu dipahami dan dipersiapkan, hal tersebut adalah :

 1. Menentukan Produk yang akan ditawarkan
Dalam bisnis online dapat menjual dua jenis produk yaitu Produk Fisik dan Digital.

a. Produk Fisik

Produk Fisik biasanya berupa produk kesehatan, kecantikan, suplemen, elektronik, pakaian dan lain – lain. Produk ini nantinya perlu dikirimkan ke konsumen melalui jasa kurir setelah proses pembayaran selesai.

b. Produk Digital

Produk Digital dapat berupa ebook, musik MP3, perangkat lunak dan lain – lain. Barang tersebut dapat disampaikan secara elektronik.


2. Membuat Bussiness Plan atau Rencana Bisnis

Setelah menentukan menjual produk apa. Langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis yang akan dijalani. Salah satu rencana bisnis adalah membuat deskripsi tentang perusahaan/bisnis, tentang harapan kedepan, strategi pasar yang akan dijalankan, termasuk rencana keuangan.


Setelah mengetahui dan mempersiapkan hal diatas langkah selanjutnya adalah 

1. Mengetahui Target Market

2. Biaya Pengiriman

3. Cara Pembayaran

Dalam bisnis online jika ingin membeli barang tahapan yang dilalui adalah dengan memilih barang –>  melakukan pembayaran –> konfirmasi pembayaran –> barang dikirim –> barang diterima


Ada beberapa alat pembayaran yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara onlinea. Transfer melalui bankb. Melalui virtual accountc. Pembayaran menggunakan kartu kreditd. Menggunakan Paypal/e-moneye. Sistem COD


4. Proses pengirimanPastikan menentukan proses pengiriman barang dengan tepat. Jikan menjual produk fisik yang perlu dikirimkan, harus diperhatikan dengan benar biaya pengiriman dan mengatur order pelacakan.

Pelacakan barang akan mempermudah penjual ataupun pembeli untuk mengetahui keberadaan terakhir proses pengiriman barang. Untuk melakukan pelacakan ini biasanya melalui Nomer Resi. 

Untuk proses pengiriman barang ini biasanya lebih mudah menggunakan pihak ke tiga atau jasa kurir. Jasa kurir di indonesia yang menyediakan fasilitas pelacakan seperti J&T, JNE, POS Indonesia, TIKI dan lainnnya.


5. Strategi promosi dan pemasaran lewat internet
Sarana yang digunakan dalam bisnis online adalah menggunakan blog atau website. Hal yang harus dipersiapkan guna menggunakan sarana tersebut adalah : 

1. Mempersiapkan Lapak DagangBerjualan secara offline akan membutuhkan tempat usaha, toko, atau etalasi untuk memajang produk yang dijual. Dalam bisnis online tempat untuk memasarkan produk menggunakan toko virtual. Toko virtual tersebut dapat berupa website.


2. Mempersiapkan Software untuk management Stok serta Keuangan
ada beberapa software yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis online :


a. Web Page Editor
Berguna untuk melakukan pengeditan konten dalam website, seperti memasukan gambar, teks, audio, atau mendesai tampilan website dengan mudah meskipun tidak menguasai bahasa pemrograman web.
b. RSS feed
Really Simple Syndication merupakan cara yang digunakan untuk menampilkan isi website dalam format XML(Extensible Markup Language).
c. Program akuntansi
Program akuntansi akan memudahkan dan mempercepat perhitungan selain itu dapat menyimpan data dengan lebih rapi sehingga bisa lebih cepat dan mudah saat melakukan ecaluasi keuangan bisnis.
d. Software Grafis
Program ini digunakan untuk mempermudah dalam mengedit gambar produk yang akan ditampilkan dalam website.
e. Email aktif
Email digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen