Pantai Kondang Merak

Malang adalah kota yang terkenal akan objek/tempat wisata yang bagus dan juga memanjakan mata para pengunjungnya. Selain kaya akan tempat wisata, Malang juga kaya akan kuliner makanannya yang khas tersendiri. Ketika berlibur dimalang tepatnya dimalang selatan terdapat pantai-pantai yang menjadi daya tarik para pengunjung local maupun luar kota malang , salah satu pantai yang menjadi objek wisata itu adalah Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai dipesisir selatan yang terletak ditepi samudera Indonesia dan secara administrative berada didesa sumberbening, kecamatan bantur, Kabupaten Malang, jawa timur. Pantai Kondang Merak sudah cukup dikenal bagi para wisatawan malang raya. Bahkan dipantai Kondang Merak ini sudah menjadi jujugan wisatawan local maupun asing untuk bermain Snorkeling (seperti menyelam menjelajahi bawah laut). Keunggulan sebagai tempat snorkeling inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan dipantai tersebut.  Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  sewa mobil malang.

Pantai ini dinamakan Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang (muara yang mempertemukan air tawar dan air laut) yang dahulu banyak dihuni oleh burung merak. Baru pada tahun 1980-an burung merak didaerah pantai ini mulai punah dikarenakan banyak penangkap liar/illegal yang dilakukan para pemburu.Panorama dipantai ini sangat menggoda, garis pantainya lumayan Panjang, kurang lebih 800 meter. Pasirnya putih bersih dan pepohonan dipinggir pantai membuat suasana nyaman. Kondisi pantainya agak berlumut dan memiliki terumbu karang, spons dan kerrang disekitar pantainya. Ditepi pantai anda bisa menemukan berbagai binatang laut seperi gurita kecil, landak laut, mentimun laut, ikan-ikan kecil atau lobster yang bersembunyi disela-sela karang.

Dipantai ini juga bisa berenang ditepi-tepi pantai karena ombak dipantai Kondang Merak ini tidak terlalu besar. Ombak tidak terlalu besar karena terpecah dengan keberadaan batu karang yang menjulang berjajar diradius sekitar 200 meter dari bibir pantai. Karang yang menghiasi sekeliling pantai Kondang Merak menambah keindahan pantai ini. Karena gelombang yang sudah terpecah itulah, Pantai Kondang Merak ini menjadi tempat singgah para nelayan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Beri Bantuan Fish Apartemen, Pada Nelayan Pantai Kondang Merak Kabupaten Malang.Pantai ini menjadi terminal perahu nelayan bermesin tunggal. Di pinggir pantai ini juga terdapat transaksi jual beli ikan hasil tangkapan para nelayan. Beragam jenis hasil tangkapan ikan para nelayan diantara lain tuna, kakap, dan gurita. Perkampungan nelayan yang membuat pantai ini nyaris tak pernah sepi. Dipantai ini juga tersedia gazebo, toilet, tempat penginapan/home stay dan juga warung-warung yang menyediakan kuliner makanan laut seperti ikan bakar, sate tuna, gurita asem manis, kuah pedas kepala ikan dan gurita saus tiram.

Rute Perjalanan Pantai Kondang Merak

Untuk menuju pantai ini jika dari malang kota menuju arah kepanjen dilanjutkan arah pagak sampai bantur dan dari perempatan bantur sekitar 4km untuk sampai dipantai kondang merak ini. Didalam perjalan menuju pantai dari arah perempatan bantur jalan yang dilalaui agak sulit karea jalan yang dilewati berupa jalan tanah dan makadam, bila musim hujan banyak genangan dan kubangan lumpur disepanjang jalan menuju kondang merak . Jalannya relatif kecil dan banyak dihampit pepohonan besar, juga semak yang lebat.Jika kondisi jalan menuju pantai kondang merak sudah normal mungkin hanya butuh waktu 10 menit untuk sampai, akan tetapi karena jalan menuju Pantai Kondang Merak agak sulit jadi memerlukan waktu sekitar 30 menit dari perempatan bantur. Harga tiket untuk masuk di Pantai Kondang merak ini sekitar Rp.30.000 per orang dan juga Rp.5000 untuk parkir kendaraan.  Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  rental mobil malang.