Pengertian dan Fungsi LPB

Perkerasan jalan aspal (flexible pavement/perkerasan lentur) memiliki beberapa bagian sebagai lapisan penyusunnya. Selain lapisan pondasi atas (LPA) agregat kelas A, terdapat pula lapisan di bawahnya, yaitu LPB.

Pengertian LPB

LPB (lapisan pondasi bawah/sub base course) adalah lapisan pondasi agregat kelas B. Bagian material ini terletak di antara lapisan tanah dasar (sub grade) dan lapisan pondasi atas (LPA) agregat kelas A. LPB berada di atas tanah dasar yang telah dipadatkan.

Material yang digunakan dalam LPB adalah campuran yang terdiri atas agregat kasar (batu pecah atau kerikil yang keras dan awet) dan agregat halus (abu batu, pasir, atau tailing). Komposisinya diatur sehingga sesuai untuk kategori agregat kelas B. Agregat kasar tertahan pada saringan 4,75 millimeter dan agregat halus lolos saringan 4,75 millimeter. Agregat kelas B memiliki nilai CBR minimal 60%.

Agregat kelas B memiliki persentase bidang pecah pada agregat sebesar 0%.  Bahan agregat pada seluruh lapisan pondasi harus bebas dari segala kotoran, termasuk bahan organik, gumpalan lempung, dan material tidak diinginkan lainnya. 

Fungsi LPB

LPB merupakan lapisan pertama pada pembuatan perkerasan. LPB mempersiapkan dan menyediakan platform kerja bagi pekerjaan pembangunan jalan.

LPB memiliki sifat turut membantu lapisan pondasi atas. Adanya LPB membantu mengurangi tebal lapisan di atasnya. 

Fungsi utama LPB adalah menyebarkan gaya beban/tegangan kendaraan dari lapisan pondasi atas ke lapisan tanah dasar. Selain itu, LPB mencegah partikel halus dari tanah dasar (sub grade) naik ke LPA (base course). LPB merupakan lapisan peresapan. Dengan kata lain, LPB mencegah terjadinya kapilaritas.

LPB juga terkait dengan efisiensi penggunaan material. Material LPB berkualitas lebih rendah daripada material di atasnya sehingga biayanya lebih murah. Meski demikian, materialnya tetap lebih bagus ketimbang tanah dasar (subgrade).

Jasa Pengaspalan Terpercaya di Bekasi 

Untuk area Bekasi dan sekitarnya, serahkan pekerjaan pengaspalan yang Anda rencanakan pada jasa pengaspalan Bekasi. Ingin memperbaiki keretakan atau lubang aspal? Pelapisan ulang? Atau membuat jalan aspal baru? Semua akan dilayani secara profesional. Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan tenaga, material, maupun alat-alat, karena semua sudah menjadi satu layanan borongan. Konsultasi dan layanan survei pun diberikan. Dengan demikian, pengaspalan bagi jalan dan area yang Anda inginkan akan dikerjakan dengan rapi dan berkualitas sesuai standar.